Tips Mendidik Anak Agar Gemar Membaca


Tips Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

Tips Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

Setiap orang tua tentu ingin anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Melalui pendidikan yang baik, semua itu bisa terwujud. Pemenuhan nutrisi juga penting. Setidaknya, beri ia makanan sehat seimbang dan susu formula. Pendidikan dini pun penting. Namun Anda juga harus tahu pendidikan seperti apa yang cocok dengan usianya. Jangan terburu-buru mengajarkan ilmu eksak kepada anak sebelum ia mendapat pendidikan karakter. Manfaatkan masa kecilnya dengan mendidiknya tentang apa saja yang dibutuhkan agar ia gemar belajar. Tentu saja, ini juga termasuk mendidiknya agar gemar membaca.

 

Bacakan Dongeng

Anak-anak umumnya suka dengan cerita. Untuk itu, bacakan dongeng sebelum ia tidur. Ceritakan dongeng yang menarik. Namun tidak sekedar membacakannya saja, ajak ia untuk melihat gambar dalam buku dongeng yang Anda bacakan. Ini akan membantu menarik minat bacanya sedikit demi sedikit. Tentu saja, memberi si kecil susu formula sebelum tidur juga jangan sampai lupa.

 

Beri Contoh

Anak lebih banyak belajar dengan cara mencontoh, bukan dengan mengikuti apa yang Anda katakan. Jika Anda sering membaca, besar kemungkinan anak akan meniru kebiasaan Anda. Mungkin ada kalanya ia akan bertanya tentang alasan kenapa Anda membaca. Di saat inilah, Anda bisa memberinya penjelasan tentang hal-hal yang menyenangkan dari membaca. Ini jauh lebih efektif dan menarik dibandingkan menjelaskan bahwa membaca itu penting untuk pendidikan.

 

Hadiahkan Buku Cerita Kepada Anak

Hadiah untuk anak tidak selalu harus berupa mainan. Anda bisa memberinya buku cerita yang lebih mendidik. Pilih buku cerita yang menurut Anda menarik untuk si kecil. Namun jangan sekedar memberinya buku cerita. Bimbing dia. Ajak si kecil untuk membaca bersama. Peran orang tua sebagai pembimbing sangat dibutuhkan dia sini.

 

 

Sebuah kebiasaan hanya bisa terbentuk jika dilakukan secara berulang-ulang. Kebiasaan membaca juga demikian. Agar anak gemar membaca, ajak ia membaca. Lakukan ini secara berulang-ulang hingga kebiasaan itu terbentuk. Jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan nutrisinya. Beri anak susu formula yang sesuai dengan usianya. Jika kualitas yang Anda cari, Susu Morinaga jawabannya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store