Tips Mencegah Masalah Kurang Gizi Pada Anak

Tips Mencegah Masalah Kurang Gizi Pada Anak

Kurang gizi, harus diakui, masalah yang satu ini memang belum sepenuhnya hilang dari muka bumi. Bahkan di Indonesia sendiri, kasus anak kurang gizi masih bisa dijumpai. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan. Apalagi jika penyebab kejadian ini adalah kurangnya pengetahuan orang tua. Sebenarnya masalah seperti ini bisa dicegah. Dengan pengetahuan yang cukup dan pemberian makanan sehat seimbang, masalah kurang gizi tentu bisa ditekan. Belum lagi jika setiap orang tua memberi susu formula kepada anaknya. Kebutuhan nutrisi si kecil tentu semakin mudah terpenuhi. Inilah tips mencegah masalah kurang gizi pada anak.

 

Memberi ASI Eksklusif

Bayi usia 0-6 bulan wajib mendapatkan ASI eksklusif. Inilah sumber nutrisi terbaik bayi. Kandungan nutrisi dalam ASI juga sudah mencukupi kebutuhan si kecil. Jika si kecil memperoleh ASI eksklusif, risiko mengalami kekurangan gizi juga semakin kecil. Hindari pemberian susu formula terlalu dini. Karena meski kandungan nutrisinya lengkap, ASI masih jauh lebih baik untuk bayi usia 0-6 bulan.

 

Beri MPASI di Usia yang Tepat

Saat si kecil mulai menginjak usia 6 bulan, berikan MPASI yang sesuai dengan usianya. Memberi makanan pendamping ASI bisa menjadi perkenalan agar kelak si kecil bisa menerima makanan padat. Akan tetapi pilih MPASI yang sesuai dengan usianya. Di usia tersebut, pilihlah MPASI yang bertekstur lembut tapi tidak lengket. Bubur adalah contoh yang tepat untuk itu.

 

Lengkapi dengan Susu Formula

ASI dan MPASI memang bisa jadi kombinasi yang baik untuk melawan masalah kekurangan gizi. Tapi itu dengan catatan ASI diberikan secara rutin dan MPASI yang diberikan pun terjamin kandungan gizinya. Jika persyaratan tersebut tidak terpenuhi, dibutuhkan sumber makanan lain yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi tersebut. Di saat seperti inilah anak membutuhkan susu formula. Namun sebelum memberi susu formula, pastikan si kecil sudah menginjak usia minimal 1 tahun.

 

 

Mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Sebelum si kecil mengalami masalah kurang gizi, mencegahnya dengan memberikan makanan sehat seimbang harus diprioritaskan. Pemberian susu formula juga penting. Hanya saja harus dilakukan sesuai aturan. Pilih juga susu formula yang memang berkualitas dan mengandung gizi seimbang. Untuk yang satu ini, Anda bisa mengandalkan Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALCare