Tips Mempersiapkan Masa Menyusui

Tips Mempersiapkan Masa Menyusui

Masa kehamilan akhir adalah masa-masa yang cukup mendebarkan. Setelah sekian lama mengandung, akhirnya waktu kelahiran yang dinanti akan segera tiba. Berbagai tantangan pun sudah menanti. Persiapan menyambut kelahiran si kecil juga mulai dilakukan. Tapi dari beberapa persiapan yang ada, persiapan menyusui adalah salah satunya. Kelancaran ASI sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh apa yang dilakukan oleh ibu saat sudah melahirkan. Pada masa kehamilan persiapan tersebut juga harus dilakukan. Makan makanan bergizi dan mengonsumsi susu ibu hamil adalah beberapa diantaranya. Selain itu, persiapan berikut ini hendaknya juga dilakukan sejak masih berada dalam masa kehamilan.

 

Menambah Pengetahuan Seputar Laktasi

Pengetahuan adalah modal awal untuk melakukan segala sesuatu. Tanpanya, Anda tidak akan bisa melakukan sesuatu dengan benar, termasuk menyusui sang buah hati. Informasi seputar laktasi ini sebenarnya semakin mudah ditemukan. Anda bisa mencarinya di internet, buku, ibu lain yang juga sedang menyusui atau mencarinya dari sumber lain. Konsultasi dengan dokter juga penting.

 

Jaga Kebersihan Puting

Kesehatan payudara dan puting juga harus diperhatikan. Karena meski Anda sudah memenuhi kebutuhan nutrisi termasuk minum susu ibu hamil dengan rutin, semua itu tidak akan sempurna jika Anda tidak memperhatikan kesehatan payudara dan puting Anda. Caranya cukup sederhana. Anda cukup memperhatikan kebersihannya. Agar puting lebih kuat, bersihkan dengan kain yang lembut dan menggosoknya dengan lembut.

 

Tetap Tenang

Karena beberapa hal, tak sedikit ibu hamil yang justru merasa terlalu khawatir. Kekhawatiran berlebih seperti ini sebenarnya bisa berdampak pada produksi ASI nantinya. Cobalah untuk lebih tenang. Lakukan teknik relaksasi dan mengatur pernafasan. Ada kalanya Anda perlu memanjakan diri sejenak. Anda juga bisa bersantai sambil minum susu ibu hamil untuk memaksimalkan masa persiapan menyusui.

 

Peran pasangan juga tak kalah penting dalam suksesnya pemberian ASI eksklusif. Kerja sama seperti ini harus dibangun sejak dini, bahkan sejak masih berada di masa kehamilan. Selain itu, asupan nutrisi juga harus benar-benar dijaga. Konsumsi makanan sehat dan lengkap ditambah dengan minum susu hamil seperti susu Prenagen. Dengan cara seperti ini, Anda akan lebih siap menghadapi masa menyusui.

 

 

 

Salam,

KALBE Store