Tips Memilih Susu yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Tips Memilih Susu yang Tepat Untuk Penderita Diabetes

Batasan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes terkadang bisa menjadi masalah. Di satu sisi itu baik sebagai panduan tentang makanan apa saja yang sebaiknya dihindari. Namun di sisi lain batasan tersebut juga membuat penderita diabetes selalu merasa khawatir dengan makanan yang dikonsumsinya. Bahkan makanan yang sehat tidak sepenuhnya aman. Ini juga berlaku pada susu. Kandungan nutrisi di dalam susu jelas baik untuk tubuh. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar bagi penderita diabetes. Ada beberapa kandungan yang justru berisiko memperburuk kondisi kesehatan. Untuk itulah ada susu diabetes. Jika ingin mencari susu yang tepat dan aman, tips berikut bisa membantu.

 

Perhatikan Kandungan Laktosanya

Laktosa adalah gula alami yang terkandung di dalam susu. Kandungannya mencapai 40%. Saat masuk ke dalam tubuh, laktosa akan diolah menjadi glukosa dan galaktosa. Itulah kenapa laktosa bisa mempengaruhi kadar gula darah. Namun di sisi lain banyak peneliti yang menyimpulkan bahwa kandungan gula tersebut termasuk gula dengan indeks glikemik rendah. Jadi, cukup aman untuk penderita diabetes. Meski demikian, penderita diabetes lebih dianjurkan untuk mengonsumsi susu khusus seperti susu diabetes dibandingkan susu biasa.

 

Hindari Susu Kental Manis

Dibandingkan dengan susu segar atau susu bubuk, susu kental manis memiliki komposisi yang jauh berbeda. Kandungan gulanya jauh lebih tinggi dibandingkan susu biasa. Karena itu, penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

 

Pilih Susu Diabetes yang Telah Teruji

Jika dibandingkan dengan susu biasa, susu diabetes memang jauh lebih aman untuk penderita diabetes. Kandungan di dalamnya telah disesuaikan agar tidak memberi dampak besar pada kadar gula darah. Meski demikian, sebaiknya pilih susu yang memang telah teruji. Susu seperti ini jelas telah melalui penelitian yang cukup panjang dan terbukti aman untuk penderita diabetes.

 

Memang selalu ada pro dan kontra. Namun harus diakui, susu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk penderita diabetes. Misalnya saja magnesium. Kandungan yang satu ini bisa membantu mengontrol gula darah. Inilah yang ditonjolkan pada susu diabetes. Jadi jika Anda ingin minum susu, lebih baik pilih Susu Diabetasol.

 

 

 

Salam,

KALCare