Tips Memilih Susu Anak


Tips Memilih Susu Anak

Tips Memilih Susu Anak

Ketika ASI sudah tidak cukup lagi bagi anak, maka memberikannya susu anak menjadi alternatif. Selain karena kemudahan dalam mendapatkannya, juga kandungan gizi di dalamnya mampu mencukupi kebutuhan anak. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih susu formula anak, simak penjelasannya berikut ini:

 

> Sesuaikan dengan usia anak Anda.

Setiap kelompok usia anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Itu sebabnya, susu bayi dan susu anak berbeda komposisinya. Semakin tinggi usia anak, maka kebutuhan gizinya pun meningkat, dan sistem pencernaannya semakin membaik. Misalnya, susu formula untuk anak usia 1-3 tahun dan untuk anak usia 3-12 tahun pastinya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, yang disesuaikan dengan kebutuhan gizinya masing-masing.

 

 

> Sesuaikan dengan kondisi anak

Pada dasarnya, susu formula yang beredar di pasaran berasal dari susu sapi, dan diformulasi untuk bayi dan anak yang tidak memiliki riwayat alergi. Namun, jika anak Anda alergi terhadap laktosa, pilih susu yang bebas laktosa. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak Anda, jika si kecil memiliki riwayat alergi atau kelainan lainnya.

 

 

> Perhatikan komposisi atau kandungan gizi dalam susu anak

Kandungan susu anak untuk usia 0-2 tahun harus mendekati komposisi ASI sesuai yang ditetapkan oleh WHO, meskipun ASI tetap makanan terbaik untuk bayi. Perhatikan juga komposisi kalori, protein, lemak, mineral dan vitamin, serta kandungan lainnya seperti AA, DHA, dan asam folat.

 

 

> Bentuk susu formula (cair atau bubuk)

Susu bubuk atau cair tidak ada perbedaan kandungan gizi di dalamnya. Yang membedakan hanya proses pembuatannya. Susu bubuk sebenarnya dibuat dari susu cair yang dihilangkan airnya, sehingga memberikan kemudahan bagi bunda untuk membawanya ke mana saja.

 

 

> Sesuaikan dengan selera anak

Agar anak menyukai minum susu, maka sesuaikan dengan selera mereka masing-masing. Kini susu formula anak sudah tersedia dalam berbagai macam rasa, sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk menyesuaikan dengan selera anak. Itulah beberapa tips untuk membantu Anda memilih susu formula yang tepat untuk anak. Semoga tips kami dapat membantu untuk memberikan susu anak yang terbaik bagi buah hati. Selamat mencoba!

 

 

Salam,

KALBE Store