Tips Membuat Jus Buah Alami

Tips Membuat Jus Buah Alami

Bereksperimen dengan berbagai macam buah, termasuk membuat jus buah, terdengar seperti hal yang simpel. Tapi eits, tunggu dulu. Sudah benarkah cara Anda mengolah buah untuk jus? Simak dulu contekan dari kami.

 

Telah banyak studi dan penelitian yang menekankan pentingnya konsumsi buah dan sayur setiap harinya, termasuk dalam bentuk jus. Pada umumnya, jus dapat dibuat dengan dua cara, yakni dengan menggunakan juicer, ataupun blender. Keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Juicer sangat berguna jika Anda membutuhkan ektrak buah tanpa ampasnya. Ekstrak atau sari buah yang dihasilkan oleh juicer akan lebih cepat diserap oleh tubuh, karena mereka tidak memiliki serat atau fiber. Namun, jika tubuh tengah membutuhkan asupan serat, Anda bisa membuat jus dengan menggunakan blender. Jangan lupa, Anda juga bisa kok, menggunakan sari buah yang terekstrak melalui juicer untuk kemudian di-blender dengan buah yang lain.

 

Nah, apapun metode Anda dalam membuat jus, agar jus buah dapat memberikan nutrisi secara optimal, lakukan langkah-langkah berikut, ya.

 

  • Cuci bersih semua buah yang akan dijus, kecuali yang hendak Anda kupas. Ada beberapa buah yang dapat langsung dibuat jus tanpa dikupas, misalnya apel dan stroberi. Namun, pastikan bahan yang Anda miliki bebas pestisida alias organik, ya. Bila Anda ingin menambahkan beberapa bahan tambahan seperti daun herbal segar pada jus buah, jangan lupa juga untuk mencucinya hingga bersih.

 

  • Pastikan Anda telah mengetahui cara kerja blender atau juicer yang akan dipakai dengan membaca buku manualnya terlebih dahulu.

 

  • Jika Anda membuat jus dengan menggunakan juicer, masukkan bahan dengan tekstur yang paling halus atau lunak terlebih dahulu, misalnya tomat, berbagai jenis buah berries, dan sebagainya, kemudian diikuti dengan bahan buah bertekstur lebih keras, misalnya apel.

 

  • Jika Anda membuat jus dengan menggunakan blender, potong-potonglah bahan buah dalam ukuran kecil dan kasar sehingga mesin blender akan mudah memprosesnya. Sama halnya dengan menggunakan juicer, masukkan bahan bertekstur lembut terlebih dahulu dan proses hingga halus, lalu masukkan sisa bahan lainnya. Tambahkan batu es jika suka.

 

  • Jus buah segar sebaiknya langsung diminum segera setelah dibuat, karena jika dibiarkan terlalu lama, maka kandungan nutrisinya akan menghilang. Atau, Anda bisa menyimpannya di lemari pendingin untuk dikonsumsi dalam waktu 24 jam.

 

Salam,

KALBE Store