Tips Memberikan MPASI Pertama untuk Anak


Tips Memberikan MPASI Pertama untuk Anak

Tips Memberikan MPASI Pertama untuk Anak

ASI merupakan makanan yang dibutuhkan oleh bayi. Namun seiring dengan pertambahan usia bayi, kebutuhan akan nutrisi untuk perkembangannya pun semakin bertambah.

 

Oleh karena itu, saatnya Anda untuk memberikan makanan pendamping kepada anak untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Makanan pendamping ASI (MPASI) sebaiknya diberikan ketika anak telah berusia minimal 6 bulan.

 

Saat memasuki usia 6 bulan, sistem pencernaan bayi sudah siap untuk menerima makanan dari luar. Selain itu, pada usia 6 bulan anak sudah memiliki refleks untuk mengunyah sehingga memudahkan untuk mencerna makanan pendamping.

 

Jika Anda ingin memberikan MPASI pertama untuk anak, berikut tips yang harus diperhatikan.

 

Berikan MPASI secara bertahap

Memperkenalkan makanan pendamping kepada anak harus dilakukan secara bertahap agar anak dapat menerima makanan yang diberikan. Untuk memberikan MPASI pertama, sebaiknya beri makanan yang bertekstur lunak seperti bubur susu, kemudian bubur saring. Selanjutnya Anda dapat memberikan makanan yang bertekstur lembek. Setelah terbiasa, Anda dapat memberikan makanan pendamping ASI yang bertekstur biasa, seiring dengan usia anak.

 

Beri makanan yang bervariasi

Sebaiknya Anda memberikan makanan yang berbeda-beda setiap minggu agar anak tidak bosan dengan makanan yang Anda sajikan. Memberikan menu makanan yang berbeda-beda juga dapat memenuhi bermacam-macam kebutuhan nutrisi anak setiap harinya. Dengan memberikan makanan yang berbeda, Anda juga mengetahui apakah anak memiliki suatu alergi dengan makanan tertentu atau tidak.

 

Perkenalkan anak dengan buah-buahan

Untuk menyajikan buah sebagai MPASI, pilih buah yang segar dan matang agar rasanya tidak terlalu asam bagi anak. Buah yang masih segar memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Berikan buah-buahan sebanyak dua sendok makan dan berikan dua kali dalam sehari.

 

Jangan tambahkan penyedap rasa

Dalam mempersiapkan MPASI pertama, jangan berikan tambahan rasa apapun pada makanan pendamping misalnya gula, garam atau bumbu masak. Makanan pendamping yang tidak ditambahkan penyedap rasa dapat membuat bayi mengenali rasa pada makanan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store