Tips Memberikan MPASI Pertama untuk Anak

Tips Memberikan MPASI Pertama untuk Anak

Usia 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk memberi si kecil makanan pendamping ASI atau MPASI. Akan tetapi, memperkenalkan makanan baru pada si kecil tak selalu berjalan mulus. Memaksa bukanlah cara yang tepat. Justru sebaliknya, ini bisa membuat si kecil semakin menjauh dari makanan pendampingnya. Jika Anda hendak memperkenalkan MPASI kepada si kecil, ada baiknya Anda membekali pengetahuan tentang bagaimana cara memberikan MPASI pertama. Tips berikut ini tentunya akan sangat membantu upaya Anda.

 

Ajak Si Kecil Makan Bersama di Meja Makan

Anak-anak memiliki kecenderungan untuk meniru orang disekitarnya. Mereka juga lebih cepat belajar dengan cara mencontoh. Karena itu, ajak si kecil untuk makan bersama di meja makan. Berikan ia tempat duduk sendiri. Dengan membiasakan hal tersebut, si kecil akan semakin akrab dan mencoba untuk makan MPASI dengan tertib.

 

Mulai Sedikit Demi Sedikit

Semua ada prosesnya. Saat pertama kali memberikan MPASI, jangan langsung memberi si kecil porsi makanan yang cukup besar. Berilah sedikit demi sedikit. Bahkan satu sendok pun tidak ada masalah. Tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan si kecil dengan makanan lain selain ASI. Dengan memulainya secara bertahap, si kecil akan lebih mudah menerima MPASI.

 

Coba dengan Memberi Buah-Buahan

Pisang adalah salah satu contoh buah yang kerap menjadi pilihan untuk memperkenalkan si kecil dengan makanan pendamping ASI. Selain karena mudah, buah-buahan juga lebih aman dikonsumsi si kecil. Tapi pada usia 6 bulan, pastikan untuk memberinya buah yang memiliki tekstur lembut dan tak memiliki rasa yang kuat.

 

Nutrisi dalam MPASI juga harus diperhatikan. Memberinya makanan bergizi tetaplah penting. Dalam situasi seperti ini, Anda juga bisa menambahkan susu formula dalam menu hariannya. Susu formula memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Makanan pendamping ini juga aman dikonsumsi si kecil. Karena bentuknya yang cair, susu formula juga mudah ditelan dan aman untuk pencernaannya. Selain itu Anda juga bisa menambahkan makanan pendamping lain seperti biskuit bayi. Bagi Anda yang mencari biskuit bayi yang telah teruji, Milna bisa jadi pilihan yang tepat.

 

 

 

Salam,

KALBE Store