Tips Melengkapi Nutrisi saat Hamil

Tips Melengkapi Nutrisi saat Hamil

Masa kehamilan adalah masa yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain menjaga kesehatan tubuh, Anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap untuk pertumbuhan buah hati Anda.

 

Selain minum susu hamil, ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk melengkapi nutrisi saat masa kehamilan. Simak tips untuk melengkapi nutrisi saat hamil berikut agar tumbuh kembang bayi dapat optimal dan Ibu juga sehat selama hamil.

 

Makan secukupnya

Meskipun saat ini Anda sedang mengandung, bukan berarti Anda harus makan dalam porsi yang lebih banyak dari biasanya. Dalam pola makan saat hamil yang terpenting adalah jenis makanan yang Anda konsumsi, bukan jumlah makanannya.

 

Usahakan untuk mengganti jenis makanan agar Anda tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Awali hari dengan sarapan sehat, kurangi konsumsi makanan ringan yang tinggi gula dan lemak.

 

Pilih makanan tinggi serat

Serat dapat diperoleh dari gandum, roti, sereal, kacang-kacangan, nasi, sayur dan buah. Konsumsi cukup serat selama masa kehamilan dapat mengurangi perut kembung dan kram. Jangan lupa untuk minum banyak air ketika mengkonsumsi makanan tinggi serat.

 

Konsumsi vitamin

Selama masa kehamilan, tubuh membutuhkan banyak vitamin untuk menjaga kesehatan Anda dan buah hati. Berbagai macam vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur.

 

Perbanyak konsumsi buah dan sayur selama masa kehamilan. Jika Anda akan mengonsumsi buah dan sayur saat hamil, pilih sayur dan buah segar. Cuci bersih buah dan sayur sebelum dikonsumsi untuk menghilangkan pestisida dan kotoran yang menempel.

 

Makan makanan tinggi zat besi

Zat besi sangat dibutuhkan saat kehamilan untuk membentuk sel darah merah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan membentuk energi. Makanan yang mengandung zat besi tinggi antara lain daging, bayam dan kacang-kacangan.

 

Perbanyak konsumsi makanan tinggi asam folat

Salah satu asupan makanan yang dibutuhkan selama masa kehamilan adalah asam folat. Asam folat yang dalam masa kehamilan bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak anak, mencegah depresi dan meningkatkan produksi sel darah merah. Asam folat dapat diperoleh di sayuran hijau, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

 

 

 

Salam,
KALBE Store