Tips Langsing Setelah Hamil


Tips Langsing Setelah Hamil

Tips Langsing Setelah Hamil

Setelah melahirkan, tubuh memang akan terlihat lebih gemuk dibandingkan sebelum hamil. Tak heran, banyak wanita yang melakukan diet setelah melahirkan agar badan kembali dalam bentuk seperti semula.

 

Berikut adalah tips diet setelah melahirkan yang bisa Anda ikuti:

 

Proses dan Kesabaran

Sebenarnya setelah melahirkan, berat badan Anda sudah turun sekitar 5,5 kg. Berat ini adalah akumulasi dari berat badan bayi dan plasenta.

 

Itu belum ditambah dengan jumlah cairan tubuh yang akan keluar melalui urine dan keringat. Pada minggu pertama, Anda akan kehilangan cairan sekitar 1,8 liter hingga 2,7 liter.

 

Perlu waktu bertahun-tahun untuk menyingkirkan “lemak bayi” di perut. Diperlukan sekitar sembilan bulan (bahkan lebih) agar tubuh kembali kencang setelah hamil.

 

Menyusui

Dengan menyusui, Anda bisa membakar kalori berlebih banyak, yaitu sekitar 500 kalori per hari. Berat badan Anda yang menyusui kemungkinan akan lebih cepat turun jika menyusui.

 

Menyusui juga memicu kontraksi yang bisa membantu mengecilkan rahim.

 

Menurunkan berat tubuh saat menyusui tentu boleh-boleh saja. Jika Anda menurunkan sekitar 1 kg dalam seminggu, kemungkinan tidak akan berpengaruh terhadap produktifitas ASI. Namun, jika Anda makan dalm porsi banyak tapi tidak pernah melakukan olahraga, kecil kemungkinan berat badan akan cepat turun.

 

Olahraga

Diet setelah melahirkan tidak akan sukses tanpa olahrga yang teratur. Olahraga bisa membantu Anda melangsingkan tubuh dan membakar kalori dengan cepat. Mungkin hanya dengan jalan kaki keliling daerah rumah, ataupun ikut kelas yoga setelah hamil.

 

Anda bisa melakukan olahraga enam minggu setelah melahirkan jika ingin berolahraga. Pastikan Anda berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan jenis olahraga yang cocok.

 

Menjaga Asupan Makanan

Tubuh langsing setelah persalinan bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan tinggi serat lainnya.

 

Makanan ini yang membuat Anda merasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang lama. Makanlah dengan porsi yang lebih kecil namun mengandung banyak protein.

 

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi minuman yang mengandung banyak nutrisi penting untuk diet setelah melahirkan.

 

Minum Banyak Air

Minum air tidak hanya mampu membuang racun yang berada dalam tubuh, tapi juga membuat Anda merasa lebih kenyang. Dengan meminum banyak air putih, diharapkan Anda lebih segar dan bisa berat badan bisa turun dengan cepat.

 

 

 

Salam,

KALBE Store