Tips Bayi Sehat dan Cerdas


Tips Bayi Sehat dan Cerdas

Tips Bayi Sehat dan Cerdas

Bayi sehat dan cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Namun, ada beberapa orang tua yang bingung dalam mewujudkan hal tersebut. Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan kepada buah hati Anda supaya mereka tumbuh menjadi bayi yang sehat dan cerdas.

 

Pertama, berikan ASI eksklusif selama 9 bulan. Sebuah studi di Denmark mengungkapkan, bayi yang diberi ASI eksklusif mengalami pertumbuhan yang signifikan dan lebih cerdas dari bayi yang hanya mendapatkan ASI satu bulan atau kurang.

 

Kedua, cukupi kebutuhan gizinya dengan memberikan makanan bernutrisi seimbang, yakni makanan yang mengandung makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) serta mikronutrien (zat mineral, zinc dan kalsium), dan juga makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik yang menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, dan mencegah sembelit.

 

Menurut pemerhati anak dari Sydney, dr. Jean Ashton, dengan mengajak buah hati Anda berbicara akan dapat merangsang pertumbuhan otaknya. Maka, bicaralah kepada buah hati Anda dengan kalimat yang baik dan lengkap. Selain itu, keterlibatan ibu saat buah hati bermain dapat mempercepat proses belajar, mengembangkan potensi sosial, mengenali kemampuan bakat, minat dan kebutuhan emosionalnya.

 

Hal lainnya, menurut seorang pakar pendidikan, dr. Rosmarie Truglio, membacakan cerita dan bernyanyi membuat buah hati Anda mencintai buku, menambah pembedaharaan dan kemampuan kosakatanya, serta mengembangkan keterampilannya berbahasa.

 

Tak kalah pentingnya, tetapkan waktu tidur yang konsisten, karena hal ini mempengaruhi buah hati Anda dalam aspek kognitif, termasuk juga perhatian, memori, cara pemecahan masalah dan cara pengambilan keputusannya.

 

Bayi merupakan makhluk yang unik, mereka mudah menyerap informasi yang mereka dapatkan, karena otak mereka sedang berkembang dan dalam periode emas. Jadi, manfaatkanlah waktu tersebut untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Kini, bayi sehat dan cerdas bukan impian lagi, selama orang tua mau mencari informasi dan berpartisipasi dalam mendidik dan merawat mereka. Semoga bermanfaat!

 

Salam

KALBE Store