Tips Atasi Gangguan Makan Saat Kehamilan


Tips Atasi Gangguan Makan Saat Kehamilan

Tips Atasi Gangguan Makan Saat Kehamilan

Mual dan muntah yang dirasakan selama kehamilan kerap membuat pola makan ibu hamil jadi berantakan. Jangankan makan makanan sehat bergizi. Sekedar minum susu ibu hamil saja bisa cukup menantang. Akibatnya, nafsu makan menurun tajam. Padahal ibu dan janin sama-sama membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips atasi gangguan makan saat hamil.

 

Makan dalam Porsi Kecil dan Makan Lebih Sering

Jika Anda merasa mual, jangan memaksakan diri untuk makan dalam porsi normal. Kecil kemungkinan porsi ini bisa diterapkan saat hamil. Untuk mengatasinya, kurangi porsi makan. Tidak ada salahnya makan dalam porsi kecil. Hanya saja, makanlah lebih sering. Jika sebelumnya makan 3 kali sehari, kini Anda bisa makan lebih sering bahkan lebih dari 4 kali sehari.

 

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan berserat seperti sayur dan buah tidak hanya terkenal akan manfaat kesehatannya. Ibu hamil juga bisa mengandalkannya untuk membantu mengatasi mual. Selain itu, makanan berserat juga bisa mencegah sembelit yang kerap dialami ibu hamil. Anda juga bisa membuatnya menjadi jus agar lebih mudah dikonsumsi. Selain itu, minum juga susu ibu hamil.

 

Hindari Makanan Berbau Tajam

Segala makanan yang berbau tajam bisa memperburuk mual yang dirasakan. Misalnya saja seperti telur dan ikan. Bau amis yang dimilikinya bisa saja membuat mual semakin parah. Karena itu, sebaiknya hindari makanan seperti ini. Makanan pedas juga perlu dihindari. Namun agar tidak kekurangan gizi, cari penggantinya. Konsumsi juga susu ibu hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi.

 

Konsultasi ke Dokter

Mual atau morning sickness selama kehamilan memang merupakan kondisi yang wajar. Namun jika kondisi ini terlihat mulai mengkhawatirkan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa saja ada gangguan kesehatan yang dialami.

 

 

Untuk mengurangi mual dan membantu mengatasi gangguan makan, Anda juga bisa mencium bau-bauan segar seperti lemon. Aromanya bisa sedikit mengurangi rasa mual. Ingat, meski mual, Anda tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Komitmen yang kuat bisa menjadi sumber kekuatan. Satu hal lagi yang juga tidak kalah penting, jangan lupa minum susu hamil. Karena melalui Susu Prenagen inilah, masalah kekurangan gizi bisa diantisipasi.

 

 

 

Salam,

KALBE Store