Tips Atasi Darah Tinggi Saat Hamil

Tips Atasi Darah Tinggi Saat Hamil

Perkembangan janin sangat bergantung pada kondisi kesehatan ibu hamil. Jika ibu hamil sehat, janin pun tumbuh optimal. Itulah kenapa ibu hamil perlu menjaga asupan makanannya dan minum susu ibu hamil. Namun semua itu tidaklah cukup untuk menjamin kesehatan sang ibu dan janin. Pemeriksaan kesehatan secara berkala juga penting. Misalnya saja tekanan darah. Bayangkan saja. Tekanan darah yang melonjak sudah mengkhawatirkan. Apalagi jika ini terjadi di masa kehamilan. Risikonya akan berlipat ganda. Tapi bagaimana cara mengatasi darah tinggi saat hamil? Berikut tipsnya.

 

Diet Sehat

Penerapan diet sehat ini tidak terbatas pada mengonsumsi makanan sehat dan minum susu ibu hamil saja. Anda juga harus menghindari segala makanan yang berpotensi meningkatkan tekanan darah. Makanan-makanan ini biasanya berasal dari makanan berlemak dan banyak mengandung garam. Agar tekanan tidak melonjak, Anda juga perlu mengonsumsi banyak sayur dan buah yang kaya serat. Selain itu, konsumsi makanan tinggi kalium dan kurangi kafein.

 

Olahraga

Agar tekanan darah stabil, Anda juga butuh olahraga. Dengan olahraga inilah peredaran darah jadi lancar. Olahraga juga membuat tubuh jadi lebih segar dan tidak mudah lelah. Akan tetapi, perhatikan jenis olahraga yang hendak diambil. Sebaiknya pilih jenis olahraga yang tidak terlalu membebani area perut. Misalnya saja seperti beberapa gerakan yoga atau senam ibu hamil.

 

Cukup Istirahat

Kelelahan menjadi salah satu faktor yang turut mempengaruhi tingginya tekanan darah. Apalagi di masa kehamilan. Perubahan besar yang terjadi pada tubuh membuat ibu hamil lebih mudah lelah. Kondisi seperti ini memang normal. Rasa lelah sendiri muncul sebagai sinyal agar ibu hamil segera beristirahat. Jadi jangan terlalu memaksakan diri. Saat tubuh terasa lelah, segera istirahat. Pastikan juga waktu tidur Anda terpenuhi.

 

 

Dalam beberapa kondisi, Anda mungkin membutuhkan obat penurun tekanan darah. Namun sebelum itu, sebaiknya atasi dulu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kemampuan serupa. Tekanan darah sebenarnya bisa dikontrol dengan makan ikan, jeruk, bawang putih atau cokelat. Jangan lupa juga untuk minum susu ibu hamil. Untuk Anda yang menginginkan susu hamil bergizi seimbang, Susu Prenagen bisa jadi pilihan.

 

 

 

Salam,

KALCare