Tips Jitu Atasi Anak yang Sulit Makan Saat Sakit


Tips Jitu Atasi Anak yang Sulit Makan Saat Sakit

Tips Jitu Atasi Anak yang Sulit Makan Saat Sakit

Jika sudah sakit, anak-anak biasanya sangat sulit untuk makan. Mereka lebih rewel dari biasanya. Namun saat diminta untuk makan, mereka tidak mau. Selera makan yang hilang seperti ini sangat wajar dialami oleh mereka yang sedang sakit. Bahkan orang dewasa juga kerap mengalaminya. Padahal tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar sakit yang diderita lebih cepat sembuh. Untungnya kini ada susu formula. Meski tidak bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan nutrisi harian, setidaknya si kecil akan terhindar dari kekurangan gizi. Orang tua juga perlu menerapkan tips berikut agar si kecil mau makan.

 

Jangan Memaksa

Hal pertama yang harus diingat oleh setiap orang tua adalah jangan pernah memaksa anak untuk makan. Cara ini tidak akan berhasil. Kalaupun berhasil, itu hanya keberhasilan jangka pendek. Di kemudian hari, akan muncul lebih banyak masalah yang disebabkannya. Jika si kecil tidak mau makan, setidaknya beri ia beberapa suap makanan bergizi. Susu formula umumnya juga lebih mudah diterima oleh anak yang sedang sakit.

 

Beri Si Kecil Makanan Favoritnya

Meski tidak nafsu makan sama sekali, godaan makanan favorit cukup ampuh untuk menarik minat makan si kecil. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memikat si kecil agar mau makan. Anda juga bisa sedikit memodifikasi makanan tersebut agar lebih bergizi.

 

Kurangi Porsi Makan tapi Beri Si Kecil Makan Lebih Sering

Memberi si kecil porsi makan yang lebih kecil mungkin tidak akan membantu meningkatkan selera makannya. Akan tetapi ini bisa jadi cara untuk tetap memberinya makan meski tidak ingin sama sekali. Hanya saja, beri ia makan lebih sering. Selain itu beri juga susu formula agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi.

 

 

Orang tua hendaknya tidak berharap terlalu muluk pada anak yang sedang sakit. Mau makan sedikit saja itu sudah bagus. Anda juga bisa mencoba menempatkan diri sebagai orang yang sedang sakit agar tahu apa yang diinginkan oleh si kecil. Berangkat dari sini, Anda akan tahu bagaimana dalam mengambil sikap. Agar kondisi seperti ini tidak sering terjadi, beri si kecil makanan bergizi dan jaga kebersihannya. Dipadu dengan Susu Morinaga, daya tahan tubuh si kecil akan lebih kuat.

 

 

 

Salam,

KALBE Store