Tips Aman Menggunakan Toilet Umum Selama Penyebaran Covid

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum Selama Penyebaran Covid

Pada masa New Normal, hampir semua aktivitas masyarakat sudah kembali dilaksanakan. Bahkan beberapa fasilitas umum seperti tempat perbelanjaan bahkan tempat wisata sudah kembali dibuka. Dibukanya sarana dan prasarana ini tentu dapat memunculkan kekhawatiran masyarakat dalam menggunakan fasilitas umum, seperti toilet. Lalu bagaimana seharusnya menggunakan toilet umum selama covid? Nah berikut ini KALCare akan memberikan tips aman menggunakan toilet umum selama pandemi covid-19.

1. Membawa peralatan kesehatan pribadi

Selama new normal, Pemerintah mewajibkan masyarakat mengenakan masker saat pergi keluar rumah. Termasuk saat menggunakan toilet umum. Atau Anda juga bisa menggunakan face shield untuk menutup akses penyebaran virus, kuman, dan bakteri. Bawa juga hand sanitizer Handy Clean karena mengandung alkohol 70%, tisu toilet, dan alas dudukan toilet sekali pakai. Jika perlu, gunakan juga sarung tangan sebagai pembatas antara kulit dan permukaan benda apapun.

 

2. Mengecek kondisi kebersihan toilet

Sebelum masuk ke bilik toilet, cobalah cari tahu mana yang terbaik dari segi kebersihan. Anda bisa melakukan ini jika kondisi toilet umum sedang sepi. Kebersihan toilet bisa dilihat dari adanya petugas yang membersihkan, tersedianya disinfektan, sabun, dan kertas toilet. Selain itu, Anda dapat memastikan kebersihan toilet melalui tempat sampah. Jika sampahnya penuh atau bahkan sampai meluap, itu menjadi pertanda bahwa tidak ada petugas yang membersihkan toilet dalam beberapa waktu. Penyedia fasilitas toilet umum yang baik juga seharusnya memasang peringatan khusus kesehatan terkait covid-19.

 

tips menggunakan toilet umum selama new normal

 

3. Menjaga jarak saat mengantri

Dr. Amesh A. Adalja, dari Johns Hopkins Center for Health Security menyarankan untuk tetap melakukan jaga jarak sekitar 2 meter saat berada di dalam toilet. Jika sudah terlalu banyak orang sehingga tidak memungkinkan Anda melakukan jarak sosial, lebih baik tunggu di luar pintu. Bahkan ada beberapa layanan toilet umum yang membatasi jumlah orang selama pandemi covid.

 

4. Hindari menyentuh benda-benda di toilet

Selama menggunakan toilet, usahakan Anda hanya menyentuh benda-benda yang dibutuhkan saja. Sebab terkadang jika merasa bosan, seseorang menyentuh permukaan benda lain. Gunakan toilet secara efektif seperti hanya menyentuh slot kunci pintu, dudukan toilet, keran air, dan sabun.

 

5. Tutup toilet sebelum flush

Tips ini mungkin hal baru yang perlu Anda lakukan selama covid-19. Anda perlu menutup tutup toilet terlebih dahulu sebelum menekan tombol flush. Sebab berdasarkan riset, aktivitas menyiram toilet bisa menimbulkan tetesan dan bisa membumbung tinggi. Selanjutnya tetesan tersebut dapat jatuh pada permukaan atau bahkan dapat terhirup. Tentu ini bisa menjadi sarana penyebaran covid-19 dari individu yang terinfeksi.

 

6. Mencuci tangan

Mencuci tangan merupakan upaya pencegahan penularan covid-19 yang utama. Sebenarnya mencuci tangan dianjurkan juga meski tidak dalam masa pandemi. Disarankan Anda mencuci tangan setelah menggunakan toilet untuk buang air kecil. Tetapi jika hendak menggosok gigi, menggunakan make up, atau memasang lensa kontak, sebaiknya cuci tangan sebelum dan sesudah melakukannya. Lalu sebaiknya Anda menggunakan tisu toilet atau kertas toilet untuk melapisi knop keran ketika membuka dan menutupnya.

 

7. Tidak menyentuh wajah

Selama di toilet umum, hindari menyentuh wajah. Sebenarnya larangan ini berlaku di manapun, apalagi berada di luar rumah. Sebab mata, mulut, dan hidung merupakan organ yang rawan terinfeksi virus, bakteri, dan kuman.

 

8. Gunakan kertas toilet atau tisu daripada alat pengering otomatis

Setelah mencuci tangan, sebaiknya Anda langsung mengeringkannya. Anda disarankan menggunakan tisu atau kertas toilet untuk mengeringkan tangan dibandingkan pengering otomatis. Ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus, karena berdasarkan sebuah penelitian pengering otomatis dapat menyebarkan aerosol yang terkontaminasi. Apalagi jika toilet tersebut tidak memiliki ventilasi udara bersih dan baik.

 

Nah Fams, jangan lupa lakukan hal-hal di atas ya saat menggunakan toilet umum. Jangan lupa, jika menginginkan hand sanitizer Handy Clean, Anda bisa dapatkan dengan mudah di sini. Sebab KALCare tidak hanya menjual nutrisi kesehatan, tetapi tersedia alat kesehatan untuk Anda dan keluarga.

 

selalu sedia Handy Clean saat Anda keluar rumah selama new normal

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200619130703-255-515139/7-cara-aman-gunakan-toilet-umum-saat-pandemi

https://www.popmama.com/life/health/zulfa-asliha/tips-menggunakan-toilet-umum-saat-pandemi/7