Tips Aman ke Dokter Gigi Selama Masa Pandemi Covid-19

Tips Aman ke Dokter Gigi Selama Masa Pandemi Covid-19

Selama pandemi covid-19, banyak masyarakat yang merasa khawatir saat harus pergi ke fasilitas kesehatan. Tidak kecuali dengan pergi ke dokter gigi. Alasan kekhawatiran ini disebabkan karena takut tertular virus covid-19.

 

 

ketahui tips aman pergi ke dokter gigi selama masa pandemi

 

Sebenarnya saat ini telah tersedia layanan konsultasi online dengan dokter gigi yang bisa Anda manfaatkan selama pandemi. Tetapi, dalam keadaan tertentu atau darurat, mau tidak mau Anda harus tetap mengunjungi dokter gigi agar kondisinya tidak semakin parah. Nah, berikut ini ada tips aman bagi Anda yang hendak ke dokter gigi selama masa pandemi covid-19.

 

1. Pilih fasilitas kesehatan yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat

Setiap fasilitas kesehatan sebenarnya pasti memberikan jaminan penerapan protokol kesehatan yang memadai. Termasuk memberikan pasien alat pelindung diri (APD), terutama gown dan sandal khusus untuk digunakan selama pemeriksaan. Penggunaan alat kesehatan ini bermaksud untuk mengurangi paparan kuman pada baju atau anggota tubuh pasien selama dilakukan tindakan. Setelah selesai, pasien dapat melepas gown dan sandal, tetapi jangan di bawa pulang ya.

 

Selain itu, biasanya sebelum pemeriksaan, pasien akan diminta oleh dokter untuk berkumur menggunakan antiseptik kurang lebih selama 30 detik. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri di dalam rongga mulut. Sesudah itu, dokter baru akan melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengobati pasien.

 

2. Pilih fasilitas kesehatan dengan sarana yang memadai

Selanjutnya, pilihlah fasilitas kesehatan dengan sarana dan prasarana yang memadai. Terutama untuk tindakan dokter gigi yang menghasilkan aerosol. Sebab fasilitas kesehatan yang memadai biasanya memiliki alat vacuum aerosol yang berfungsi untuk mengurangi aerosol yang mengandung kuman di udara. Selain itu, Anda perlu memilih fasilitas kesehatan gigi yang rutin melakukan disinfeksi ruangan pemeriksaan. Sehingga ruangan selalu dalam kondisi bersih atau steril agar aman digunakan untuk pasien lainnya.

 

3. Buat janji dengan dokter

Setelah menemukan fasilitas kesehatan yang sesuai, usahakan Anda membuat janji terlebih dahulu dengan dokter gigi jika harus melakukan kunjungan atau pengobatan langsung. Apalagi jika Anda mengalami kondisi medis yang mendesak serta berkaitan dengan kesehatan gigi. Membuat janji ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerumunan pada fasilitas kesehatan serta menghindari Anda antre terlalu lama. Menghubungi dokter gigi juga sebagai cara untuk memastikan kondisi kesehatan Anda terkait dengan gejala covid-19 saat hendak melakukan kunjungan pemeriksaan gigi. Tetapi, jika Anda mengalami sakit gigi yang akut, Anda bisa saja mengunjungi dokter gigi untuk mendapat tindakan segera.

 

4. Patuhi protokol kesehatan

Saat mengunjungi dokter gigi, Anda tetap harus menggunakan masker ya. Anda bisa menggunakan masker medis atau masker kain tiga lapis. Selain itu, pasien juga harus mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh fasilitas kesehatan. Misalnya seperti mengikuti pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan sebelum masuk keruangan, atau bersedia untuk dilakukan disinfeksi. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga jarak dengan pasien lain saat menunggu tindakan dari dokter gigi ya.

 

5. Langsung membersihkan diri setelah dari dokter gigi

Langkah terakhir agar Anda tetap aman ke dokter gigi selama pandemi covid-19 adalah membersihkan diri dengan benar setelah dari fasilitas kesehatan. Maka dari itu, sampai di rumah Anda harus langsung membersihkan diri dengan mandi, serta membersihkan semua bagian tubuh atau benda yang mungkin terpapar udara. Seperti baju, tas, atau gawai Anda. Ingat untuk tidak melakukan kontak terlebih dahulu dengan keluarga di rumah sebelum Anda membersihkan diri. Dengan begitu Anda juga melindungi keluarga dari risiko penularan covid-19.

 

Itulah tips aman untuk pergi ke dokter gigi selama masa pandemi covid-19. Tapi perlu diingat ya Fams, kunjungan ke dokter gigi sebaiknya dilakukan untuk kondisi tertentu saja ya. Jika keperluan Anda ke dokter gigi hanya sekadar untuk pemeriksaan gigi rutin atau pembersihan karang gigi, sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

 

Nah bagi Anda yang mengalami gangguan kesehatan mulut ringan seperti sariawan, Anda bisa menggunakan Aloclair Plus. Aloclair Plus tersedia dalam bentuk gel, mouthwash, dan spray yang dapat membantu proses penyembuhan ulkus rongga mulut bahkan tanpa rasa perih. Anda bisa langsung mendapatkan Aloclair Plus dengan mudah hanya di sini ya.

 

cegah gangguan kesehatan ringan pada mulut dengan Aloclair Plus

 

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/12/05/091300968/5-tips-aman-pergi-ke-dokter-gigi-saat-pandemi-covid-19?page=all