Tips Aman Berpuasa Saat Hamil Muda


Tips Aman Berpuasa Saat Hamil Muda

Tips Aman Berpuasa Saat Hamil Muda

Bagi ibu hamil, menjaga kesehatan tak hanya sekedar untuk dirinya sendiri. Semua itu dilakukan juga untuk sang buah hati. Tapi saat bulan puasa seperti sekarang ini, apakah kewajiban sebagai seorang calon ibu dan pemeluk agama Islam bisa dipenuhi? Dilema seperti ini bisa dialami oleh semua calon ibu. Namun jika kasusnya hamil muda, ada lebih dari sekedar minum susu ibu hamil yang harus dilakukan oleh sang calon ibu. Tips berikut ini mungkin bisa membantu para ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa dengan aman.

 

Konsultasi ke Dokter

Sebelum mulai berpuasa, ibu hamil sangat disarankan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Jangan langsung berpuasa sebelum tahu persis apakah Anda boleh berpuasa atau tidak. Sebagai informasi, saat usia kehamilan masih berada di bawah 4 bulan, ibu dan janin membutuhkan nutrisi yang tidak sedikit. Saat-saat seperti ini sangat krusial. Berpuasa juga tak disarankan. Agama sendiri juga memberi keringanan untuk tidak berpuasa. Waktu paling aman untuk berpuasa adalah saat menginjak usia kehamilan 4-7 bulan.

 

Pastikan Kebutuhan Gizi Terpenuhi

Kebutuhan gizi harus terpenuhi. Anda bisa menerapkan komposisi 50% karbohidrat, 10-15% lemak baik dan 25% protein. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya. Anda bisa mengonsumsi susu ibu hamil seperti susu Prenagen untuk membantu mencukupi kebutuhan tersebut.

 

Periksa Kondisi Kesehatan Janin Secara Rutin

Selain mengonsumsi susu ibu hamil, Anda juga harus memeriksa kondisi janin secara rutin. Cermati apakah janin dapat beradaptasi. Perlu dipahami, meski Anda sedang berpuasa, janin Anda tetap membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, Anda bisa mengetahui apa yang harus dilakukan agar kebutuhan tersebut tetap terpenuhi. Minum susu Prenagen juga bisa membantu menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil.

 

Berpuasa saat hamil muda memang cukup berisiko. Karena itu, semuanya harus dilakukan dengan cermat. Tak hanya kebutuhan nutrisi saja yang harus terpenuhi, kondisi kejiwaan ibu juga harus dijaga. Jangan sampai stres. Saat tubuh menunjukkan tanda-tanda seperti mual, lemas dan pusing, hentikan puasa saat itu juga. Agama juga memberi keringanan pada kondisi-kondisi seperti ini. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, jangan lupa juga untuk mengonsumsi susu Prenagen secara rutin.

 

 

 

Salam,

KALBE Store