Tips Aman Berolahraga Saat Hamil

Tips Aman Berolahraga Saat Hamil

Kesehatan di masa kehamilan tidak hanya ditentukan oleh seberapa baik Anda dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Meski sudah makan makanan bergizi dan minum susu ibu hamil sekalipun, rasanya masih ada yang kurang. Ya, Anda juga perlu berolahraga. Olahraga selama kehamilan bisa memberi banyak manfaat. Selain meningkatkan proses penyerapan nutrisi, olahraga juga baik untuk mempersiapkan persalinan nanti. Tapi berolahraga saat hamil jelas ada aturannya. Agar tidak sampai menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, berikut tips aman berolahraga saat hamil.

 

Selalu Pemanasan Terlebih Dahulu

Pemanasan sebelum berolahraga itu penting, apalagi bagi ibu hamil. Lewat pemanasan inilah otot-otot tubuh Anda dipersiapkan, terlebih lagi otot perut. Karena jika otot perut belum sepenuhnya siap, besar kemungkinan Anda akan mengalami kram perut saat olahraga nanti. Anda juga bisa minum susu ibu hamil sebagai bagian dari persiapan sebelum berolahraga.

 

Jangan Terlalu Membebani Perut

Pastikan olahraga yang Anda lakukan tidak memberi beban berlebih pada perut. Jika Anda melakukan senam atau yoga, pastikan untuk menghindari gerakan yang menindih perut. Selain itu hindari juga gerakan-gerakan yang bisa membahayakan janin.

 

Jaga Keseimbangan, Jangan Sampai Terjatuh

Jika Anda memilih untuk joging atau sekedar jalan-jalan, pastikan untuk selalu berhati-hati. Jaga keseimbangan agar tidak sampai jatuh. Biasanya keseimbangan ibu hamil akan sedikit terganggu saat memasuki usia kehamilan 4 bulan. Untuk itu, sebaiknya cari pendamping jika memang ingin joging atau jalan-jalan.

 

Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Dalam kondisi normal, prinsip olahraga memang untuk melampaui batasan diri sendiri. Tantangannya harus terus berkembang setiap waktunya. Meski demikian, ada batasan yang tidak boleh dilanggar. Jangan sampai Anda terlalu memaksakan diri saat berolahraga. Dampaknya jelas berbahaya, apalagi bagi ibu hamil. Jika sudah lelah, segera istirahat. Jangan sampai badan terlalu lelah.

 

 

Saat berolahraga secara teratur, tubuh akan terasa lebih segar dan prima. Keluhan-keluhan di masa kehamilan juga memudar. Namun jangan lupa juga dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Konsumsi susu ibu hamil tetap diperlukan. Pilih susu yang bergizi seimbang. Konsultasikan ke dokter jika perlu. Jika Anda mencari susu yang bisa diandalkan, Susu Prenagen pastilah salah satunya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store