Tips Aman Berolahraga di Masa Kehamilan


Tips Aman Berolahraga di Masa Kehamilan

Tips Aman Berolahraga di Masa Kehamilan

Gaya hidup sehat tidak bisa dikatakan sempurna jika hanya berfokus pada pola makan sehat tanpa olahraga sama sekali. Bagi ibu hamil pun juga berlaku hal yang sama. Untuk menjaga kondisi kesehatannya dan janin, Anda tidak bisa hanya mengonsumsi makanan sehat dan susu ibu hamil. Olahraga juga penting. Namun karena kondisi tubuh yang berbeda, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Olahraga yang dilakukan tanpa pengetahuan yang memadai seputar kehamilan hanya akan memperburuk keadaan. Untuk itu, berikut tips aman berolahraga saat hamil.

 

Konsultasikan ke Dokter Sebelum Berolahraga

Dalam kondisi normal sebenarnya ibu hamil diperbolehkan untuk berolahraga. Akan tetapi jika ada beberapa kondisi medis yang justru berbahaya jika Anda tetap memaksakan untuk berolahraga. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai olahraga. Dari sana Anda juga bisa mengetahui jenis olahraga apa saja yang bisa dipilih.

 

Pilih Jenis Olahraga yang Tidak Terlalu Berat

Hindari jenis-jenis olahraga yang terlalu berat. Bahkan olahraga populer seperti joging juga harus dilakukan dengan beberapa catatan. Akan lebih aman jika Anda memilih jalan kaki. Lagi pula masih ada banyak olahraga yang lebih aman. Misalnya saja seperti yoga dan senam hamil. Selain itu, hindari olahraga yang mengandung gerakan memantul atau menyentak.

 

Minum Banyak Air

Sebelum dan setelah olahraga pastikan untuk minum banyak air. Jangan sampai tubuh dehidrasi. Bawa bekal air putih yang cukup saat berolahraga. Jika merasa haus saat olahraga, berhentilah sejenak dan minum air.

 

Berolahragalah dengan Santai

Olahraga hendaknya jangan dianggap sebagai beban. Anggap ini sebagai aktivitas yang menyenangkan. Tidak usah terlalu memaksakan diri. Tidak usah ragu jika tubuh memang sudah tidak mampu dan butuh istirahat. Saat Anda menikmati prosesnya dan melakukannya dengan santai, risiko cedera akan jauh menurun. Tentu saja, konsumsi susu ibu hamil juga tidak boleh sampai lupa.

 

 

Dalam seminggu, berolahragalah selama 150 menit. Anda bisa membaginya sesuai dengan kemampuan. Pantau kondisi kesehatan dengan cek kesehatan secara rutin. Konsumsi susu ibu hamil secara teratur. Dengan bantuan susu hamil seperti Susu Prenagen inilah, kesehatan Anda lebih terjaga. Pertumbuhan janin juga lebih optimal.

 

 

 

Salam,

KALBE Store