Tips Aman Berolahraga Bagi Penderita Diabetes


Tips Aman Berolahraga Bagi Penderita Diabetes

Tips Aman Berolahraga Bagi Penderita Diabetes

Kunci hidup sehat sebenarnya sederhana. Penuhi kebutuhan gizi, olahraga secara teratur dan jauhi pantangan yang dapat mengganggu kesehatan. Resep serupa juga berlaku pada penderita diabetes. Namun beda dengan orang sehat, penderita diabetes butuh cara khusus agar olahraga yang dilakukan tetap membawa manfaat. Anda tidak bisa langsung berolahraga begitu saja. Gula darah harus dipastikan terlebih dahulu. Saat gula darah terlalu tinggi, konsumsi susu diabetes agar lebih seimbang. Sedangkan saat gula darah terlalu rendah, naikkan terlebih dahulu. Itu hanya salah satu cara aman berolahraga bagi penderita diabetes. Di samping itu, cara berikut juga bisa membantu.

 

Pahami Kemampuan Diri Sendiri

Jangan pernah memaksakan diri secara berlebihan. Untuk orang sehat sekalipun, olahraga berlebihan bisa mendatangkan masalah. Ketahui kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Pilih jenis olahraga yang tidak terlalu memberatkan. Saat berolahraga pun Anda harus tahu kapan harus berhenti.

 

Perhatikan Waktu Olahraga

Penderita diabetes tidak boleh berolahraga saat gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ini bisa berbahaya. Untuk itulah pemeriksaan gula darah wajib dilakukan sebelum mulai berolahraga. Idealnya, olahraga dilakukan 1 jam setelah makan. Pada waktu tersebut, gula darah sedang berada di angka aman. Untuk membantu mengontrol gula darah yang terlalu tinggi, jangan lupa untuk minum susu diabetes.

 

Selalu Periksa Gula Darah Sebelum dan Setelah Olahraga

Penderita diabetes memang perlu memeriksa gula darahnya secara berkala. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cek gula darah perlu dilakukan sebelum berolahraga. Namun setelah selesai olahraga pun Anda tetap harus memeriksanya. Ini akan membantu Anda menentukan langkah berikutnya. Jika gula darah terlalu rendah, Anda bisa menaikkannya dengan makanan atau minuman manis.

 

 

Olahraga yang terarah dan terkontrol akan membawa dampak positif bagi kesehatan penderita diabetes. Gula darah menjadi lebih seimbang. Gangguan kesehatan akibat kurang bergerak juga bisa dihindari. Konsumsi susu diabetes secara teratur juga penting. Pahami diri sendiri. Periksa kadar gula darah secara rutin. Dengan cara ini, penyakit diabetes yang diderita tidak akan berkembang menjadi lebih serius. Dibantu dengan Susu Diabetasol, kontrol terhadap gula darah akan terasa lebih mudah.

 

 

 

Salam,

KALBE Store