Tips Aman Belanja ke Pusat Perbelanjaan Selama Pandemi


Tips Aman Belanja ke Pusat Perbelanjaan Selama Pandemi

Tips Aman Belanja ke Pusat Perbelanjaan Selama Pandemi

Penerapan new normal pada beberapa daerah di Indonesia membuat beberapa fasilitas umum kembali dibuka. Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang kembali beroperasi setelah mendapatkan izin dari Pemerintah.Sebelumnya, penutupan pusat perbelanjaan merupakan upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 dalam masyarakat.

 

Penutupan pusat perbelanjaan membuat Anda harus memenuhi kebutuhan harian keluarga dengan melakukan pembelanjaan daring dari rumah. Tetapi kini Anda dapat berbelanja langsung di supermarket atau pusat perbelanjaan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, ada hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan saat hendak mengunjungi pusat perbelanjaan menurut para ilmuwan di Centers for Disease Control Atlanta dan North Carolina State University berikut ini.

 

tips belanja ke supermarket aman selama covid

 

Sebelum pergi berbelanja ke pusat perbelanjaan

 

Mengunjungi pusat perbelanjaan atau supermarket untuk memenuhi kebutuhan dapat diatasi dengan layanan pesan antar. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi risiko tertular dan tetap di rumah saja. Tetapi jika memang perlu mengunjungi supermarket, Anda perlu memikirkan atau membuat catatan barang-barang apa saja yang hendak di beli. Jika perlu, Anda berbelanja untuk menyediakan stok selama 1-2 minggu.

 

Selanjutnya, kunjungi pusat perbelanjaan pada jam sepi pengunjung.Dengan begitu Anda dapat leluasa berbelanja karena jumlah pengunjung yang sedikit membuat jarak antar individu menjadi besar. Saat mengunjungi pusat perbelanjaan, sebaiknya Anda tidak membawa seluruh anggota keluarga. Apalagi membawa anak-anak, ibu hamil, atau orang yang sudah lanjut usia. Tentunya mengunjungi tempat umum dapat meningkatkan risiko penularan pada golongan yang dianggap rentan terhadap covid. CDC Atlanta juga menghimbau agar seseorang yang memiliki gejala covid-19 untuk tidak berbelanja di luar rumah. Sebab individu tersebut dapat menjadi penyebab infeksi coronavirus pada orang lain. Orang dengan gejala harus tetap berada di rumah untuk menjalani karantina mandiri. Jika ingin memenuhi kebutuhan, mintalah bantuan pada kerabat atau orang lain untuk berbelanja dan meletakkannya di depan pintu.

 

Saat berbelanja

 

Saat hendak memasuki pusat perbelanjaan atau toko, gunakanlah hand sanitizer. Jangan lupa untuk tetap menggunakan masker atau face shield. Beberapa pusat perbelanjaan juga akan melakukan pengecekan suhu badan menggunakan alat kesehatan termometer infrared pada seluruh pengunjung. Ikutilah protokol kesehatan tersebut dengan baik.

 

Saat hendak berbelanja, pastikan Anda membawa tisu pembersih untuk membersihkan pegangan troli atau keranjang belanja. Anda bisa menggunakan tisu pembersih untuk membersihkan juga kartu dan alat pembayaran pada kasir. Selama berbelanja, terapkan social distancing dengan menjaga jarak sekitar 2 meter dengan orang lain, baik pada saat memilih barang atau pembayaran di kasir.

 

Lalu upayakan hanya menyentuh barang yang hendak dibeli. Disarankan untuk tidak memegang barang yang tidak dibeli, apalagi barang tersebut merupakan bahan makanan. Hindari membeli barang berlebihan apalagi dengan maksud menyediakan stok untuk jangka waktu yang cukup lama. Tentu ini akan merugikan orang lain yang juga mencari barang, terutama bahan pokok. Selama berbelanja Anda jangan menyentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. Kemudian gunakan pembayaran non tunai untuk mencegah penyebaran covid.

 

Setelah berbelanja

 

Ketika Anda sampai di rumah, segera cuci tangan dan membersihkan diri. Jangan lupa untuk mencuci semua barang yang baru saja dibeli. Dengan begitu, Anda dapat membunuh kuman, bakteri, dan virus yang hidup di permukaan benda. Untuk benda yang dilapisi dengan kemasan, dapat di lap dengan menggunakan campuran air hangat dan cabun. Sedangkan untuk bahan makan seperti sayur dan buah perlu direndam sekitar 15 menit di dalam air dan sabun khusus makanan. Bersihkan juga tas belanja Anda secara menyeluruh dengan cara dicuci setelah kembali ke rumah.

 

Itulah beberapa cara aman sebelum hingga sesudah berbelanja pada pusat perbelanjaan atau supermarket. Ingat untuk selalu menerapkan budaya hidup sehat dengan rajin mengonsumsi makanan bernutrisi, mencuci tangan, hingga berolahraga. Jika perlu, Anda dapat membeli alat cek kesehatan original Termometer Infrared TR1D1 untuk mengukur suhu badan anggota keluarga selama pandemi covid. Termometer Infrared TR1D1 merupakan termometer non-kontak dengan tampilan layar lebar dan jelas, dengan hasil yang akurat dan cepat. Anda bisa mendapatkan termometer TR1D1 dengan mudah di sini.

 

termoter infrared TR1D1 untuk mendeteksi suhu badan selama covid

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4968100/cara-belanja-aman-saat-wabah-covid-19-menurut-ilmuwan

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/29/191703120/tips-belanja-aman-ke-supermarket-di-tengah-wabah-virus-corona?page=all