Tips Agar Si Kecil Tidak Pilih-Pilih Makanan

Tips Agar Si Kecil Tidak Pilih-Pilih Makanan

Sebagai orang tua, tentu Anda ingin agar si kecil tumbuh sehat dan optimal. Memberinya makanan sehat dan susu formula pun dilakukan untuk tujuan tersebut. Sayangnya, mendidik si kecil agar mau makan sehat tidak semudah itu. Apalagi setelah si kecil tahu berbagai rasa makanan dan memiliki selera makannya sendiri. Belum lagi camilan yang rasanya jauh lebih enak dibandingkan dengan makanan sehat. Butuh komitmen kuat dan cara khusus untuk mengatasinya. Agar si kecil tidak pilih-pilih makanan, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

 

Beri Pilihan Makanan yang Beragam

Sifat si kecil yang suka pilih-pilih makanan bisa disebabkan oleh terbatasnya pilihan makanan yang ada. Untuk itu, cobalah untuk menawarkan pilihan makanan yang lebih beragam. Jangan terlalu sering mengulang menu makanan. Berikan beberapa pilihan makanan agar si kecil dan biarkan ia memilihnya sendiri. Meski demikian, tetap batasi jumlah pilihan yang ada. Beri ia susu formula agar nutrisi yang diperolehnya lebih beragam.

 

Sajikan Makanan dalam Tampilan yang Menarik

Tampilan makanan bisa memikat anak untuk mencobanya. Bahkan dalam beberapa kasus, ini bisa meningkatkan nafsu makannya. Tata dan bentuk makanan si kecil sesuai dengan kesukaan anak. Misalnya saja pilih dan tata sayuran berwarna cerah untuk memikat anak untuk mencoba makan sayur. Kombinasikan dengan makanan favoritnya. Trik ini juga bisa diterapkan saat Anda mempersiapkan bekal makanan untuk si kecil.

 

Jadilah Contoh yang Baik

Anda harus ingat bahwa anak belajar dengan cara mencontoh. Ia mencontoh apa yang dilihatnya, termasuk kebiasaan orang tuanya. Jika Anda memberinya contoh yang baik, itulah yang akan dilakukan si kecil nanti. Jadi jika Anda tidak pilih-pilih makanan, itu jugalah yang akan dicontoh oleh anak.

 

 

Selain menerapkan cara di atas, Anda juga perlu menghindarkan si kecil dari kebiasaan pilih-pilih makanan. Misalnya saja dengan memberinya camilan sehat. Dibandingkan dengan camilan kemasan, camilan sehat relatif tidak akan merusak selera makan anak. Tentu saja, Anda juga harus disiplin soal waktu memberikannya. Jangan memberinya terlalu dekat dengan waktu makan. Memberinya susu formula juga penting. Mengingat beragam nutrisi penting yang ada pada Susu Morinaga, rasanya sayang jika tidak memberikan itu semua.

 

 

 

Salam,

KALBE Store