Tips Agar Ibu Hamil Bisa Tetap Fit Berpuasa

Tips Agar Ibu Hamil Bisa Tetap Fit Berpuasa

Ibu hamil memang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Salah satu tujuan mengonsumsi susu ibu hamil pun tak lepas dari tujuan tersebut. Namun saat bulan Ramadhan tiba dan kewajiban berpuasa mengikat semua umat Islam, ibu hamil pun diberi pilihan untuk berpuasa atau tidak. Tak sedikit yang pada akhirnya memutuskan untuk berpuasa. Hanya saja, ibu hamil yang ingin berpuasa memang perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Minum susu ibu hamil seperti susu Prenagen juga perlu. Ditambah dengan tips berikut, ibu hamil pun bisa tetap fit saat berpuasa.

 

Penuhi Kebutuhan Protein dan Lemak Saat Sahur

Saat berpuasa, tubuh umumnya terasa lebih lemas dari biasanya. Hanya saja, hal tersebut tak harus selalu diselesaikan dengan mengonsumsi karbohidrat lebih banyak saat sahur. Ibu hamil bisa mengonsumsi protein dan lemak yang cukup pada saat sahur. Keduanya juga lebih tahan lama di pencernaan yang sekaligus membantu merasa kenyang lebih lama.

 

Hindari Minuman dan Makanan Manis Saat Sahur

Berbeda dengan saat berbuka puasa, sahur tidak seharusnya ditutup dengan mengonsumsi minuman atau makanan manis. Mengonsumsinya justru membuat tubuh terasa lebih cepat lemas. Ini tak lepas dari efek insulin shock yang dialami oleh ibu hamil. Namun agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, ibu hamil bisa mengonsumsi susu hamil seperti susu Prenagen.

 

Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi bisa memberi dampak serius pada ibu hamil. Karenanya, waktu sahur sebaiknya dimanfaatkan untuk minum air putih sebanyak mungkin. Tambahkan pula susu ibu hamil pada menu sahur. Dengan susu hamil, risiko anemia bisa ditekan dan kebutuhan nutrisi harian ibu hamil bisa terpenuhi.

 

Agar puasa berjalan lancar, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan zinc. Hal ini bisa membantu menjaga vitalitas tubuh ibu hamil selama menjalani ibadah puasa. Selama puasa, tantangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi juga semakin tinggi. Karena terbatasnya waktu makan, menu harian harus lebih padat dan kaya akan nutrisi. Hal seperti ini tentu cukup sulit dipenuhi. Namun dengan bantuan susu hamil seperti susu Prenagen, memenuhi kebutuhan nutrisi saat bulan Ramadhan akan terasa lebih mudah.

 

 

 

Salam,

KALBE Store