Tips Agar Gula Darah Penderita Diabetes Tetap Terkontrol Saat Olahraga


Tips Agar Gula Darah Penderita Diabetes Tetap Terkontrol Saat Olahraga

Tips Agar Gula Darah Penderita Diabetes Tetap Terkontrol Saat Olahraga

Makan makanan sehat dan berolahraga. Bagi penderita diabetes sekalipun, kunci hidup sehat masih tetap sama. Hanya saja memang ada beberapa penyesuaian. Misalnya terkait dengan pola makan. Selain harus teratur dan makan makanan bergizi, penderita diabetes juga perlu mengonsumsi susu diabetes untuk membantu menjaga gula darahnya. Beberapa makanan tinggi kalori dan gula juga harus dihindari. Saat ingin berolahraga, penderita diabetes juga harus mempersiapkan diri dengan baik. Kadar gula darah tetap harus dijaga agar tidak turun terlalu drastis saat olahraga nanti. Untuk itu, berikut tips menjaga gula darah saat berolahraga.

 

Periksa Gula Darah Sebelum Berolahraga

Sebelum olahraga, selalu cek kadar gula darah. Jika gula darah terlalu rendah, konsumsi karbohidrat untuk menaikkannya terlebih dahulu. Jika terlalu tinggi, olahraga harus ditunda hingga gula darah menurun. Idealnya, gula darah yang aman untuk olahraga ada di angka 160 sampai 180 mg/dL. Anda juga bisa mengonsumsi susu diabetes untuk membantu menjaga gula darah.

 

Minum Banyak Air Putih Sebelum dan Sesudah Olahraga

Sebelum olahraga, tepatnya sekitar 2 jam sebelumnya minumlah air putih sebanyak 3 gelas. Jelang waktu olahraga, atau sekitar 10 menit sebelum berolahraga minum lagi 2 gelas. Saat berolahraga pun penderita diabetes harus tetap menjaga cairan di dalam tubuhnya. Untuk itu, minum 1 gelas setiap 30 menit. Untuk mengembalikan cairan setelah berolahraga, minumlah jus atau sport drink.

 

Makan Makanan Bergizi Setelah Berolahraga

Gula darah yang turun selepas berolahraga harus segera dikembalikan. Untuk itu, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein. Jangan menunda terlalu lama. Sesuaikan dengan anjuran dari dokter. Jika memang dibutuhkan, cek kembali kadar gula darah setelah berolahraga.

 

 

Bagi penderita diabetes, menjaga keseimbangan gula darah adalah kunci sukses berolahraga. Tak jarang, Anda juga perlu mengonsumsi snack yang mengandung karbohidrat di tengah waktu olahraga. Ini dilakukan agar gula darah tidak turun terlalu rendah. Untuk membantu menjaga keseimbangan tersebut, konsumsi susu diabetes juga penting. Konsumsi Susu Diabetasol juga harus dilakukan secara teratur.

 

 

 

Salam,

KALBE Store