Tip Parenting: Mengenalkan Konsep Uang pada Anak


Tip Parenting: Mengenalkan Konsep Uang pada Anak

Tip Parenting: Mengenalkan Konsep Uang pada Anak

Mengetahui tip parenting untuk mengenalkan konsep uang pada anak akan sangat berguna, karena baik kehidupan kita maupun si kecil, tidak bisa dilepaskan dari uang. Orangtua pun memiliki harapan bahwa, kelak anaknya bisa menggunakan uang dengan lebih bijaksana.

 

Lalu, bagaimana mengenalkan konsep tentang uang pada si kecil? Berikut ini tip parenting-nya.

 

  • Ketika masih sangat kecil, tidak ada salahnya menyertakan si kecil saat pergi ke tempat-tempat di mana orangtua sering bertransaksi, seperti di pasar atau toko dekat rumah. Untuk tahap awal, biarkan si kecil memperhatikan, bahwa uang memiliki fungsi sebagai alat tukar.

 

  • Ketika anak sudah mulai bermain dan melihat uang di sekelilingnya, kenalkan bahwa uang memiliki dua bentuk, yaitu koin dan kertas. Perkenalkan juga beragam ukuran koin, serta beragam warna uang kertas dan gambar-gambarnya. Ini penting bagi anak untuk mengingatnya.

 

  • Bermain peranlah, dengan menggunakan alat peraga berupa mainan uang-uangan. Orang tua dapat berperan sebagai penjual, dan anak sebagai pembeli, tanpa memperhitungkan nilai uang terlebih dahulu. Atau, Anda bisa mengajak anak pergi ke toko atau pasar, kemudian meminta anak Anda untuk menyerahkan uang kepada penjual.

 

  • Ketika anak sudah mampu berhitung, kenalkan beragam nominal uang, dan jelaskan fungsi uang. Kenalkan konsep ekonomi sederhana, seperti membedakan antara keinginan, kebutuhan atau harapan, dan dampingi anak dalam membuat keputusan berkenaan dengan uang. Jangan lupa, ajari anak mengenai konsep tentang uang dari permainan, seperti monopoli atau permainan yang menggunakan uang lainnya.

 

  • Beri hadiah celengan bagi si kecil, dan berikan uang koin maupun kertas untuk ditabungnya. Ajak anak untuk bertukar pikiran, apa yang diinginkannya jika celengannya sudah penuh. Atau, orangtua juga bisa mendorong anak untuk memasukkan kumpulan uang yang berada di celengan untuk ditabungkan ke bank.

 

  • Ketika sudah bisa berhitung, ajak juga si kecil berbelanja di supermarket, dan minta ia melihat banderol harga, serta membantu menyiapkan uang untuk dibayarkan.

 

  • Saat anak sudah lebih besar, ajak anak untuk dapat membandingkan mana barang yang lebih bagus dan mana yang kurang, dengan kemudian membandingkannya dengan melihat harga .

 

Tidak sulit, bukan? Bahkan, tip parenting di atas bisa dipraktikkan dengan lebih menyenangkan, asalkan Anda selalu memberikan pendampingan dalam menggunakan uang dengan bijak. Selamat mencoba.

 

Salam,

KALBE e-Store