Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Stimulasi


Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Stimulasi

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Stimulasi

Bagi orang tua, tentunya penting untuk memperhatikan dan mengoptimalkan kecerdasan anak, karena anak yang cerdas nantinya lebih berpeluang untuk tumbuh menjadi pribadi yang sukses, dan bisa memenangkan persaingan dalam kehidupannya kelak. Ada banyak cara yang dilakukan orang tua untuk mengembangkan daya kecerdasan si kecil, termasuk dengan memberikan asupan bernutrisi dan juga beragam stimulasi.

 

Stimulasi ini melibatkan penciptaan lingkungan yang dapat membantu merangsang perkembangan kecerdasan anak, termasuk bagaimana anak mengaktifkan alat inderanya dalam merespon stimulus dari orang tua. Lalu, apa saja yang dapat  kita coba untuk menciptakan lingkungan yang bisa merangsang kecerdasan anak? Berikut ini caranya.

 

  • Ciptakan lingkungan positif, dan berikan penguatan kepercayaan diri bagi si kecil. Ingatlah bahwa, stimulasi yang diberikan haruslah menyenangkan bagi orangtua dan anak.

 

  • Anak pada dasarnya senang belajar, maka mulailah interaksi dengan anak Anda. Ketika anak masih bayi, sering-seringlah untuk menyentuhnya.

 

  • Ajak anak untuk bercanda dan mengobrol. Setiap selesai melakukan kegiatan, dorong ia  untuk menceritakan pengalamannya kembali. Ini akan menantang kemampuan bercerita dan berkomunikasinya.

 

  • Untuk kecerdasan bahasa, orang tua harus ‘cerewet’. Berbicaralah terus kepada anak, karena anak akan belajar bahasa dari mendengarkan cara orang tuanya berbicara dan berkomunikasi. Ketika anak mulai besar, perkenalkan ia dengan nama-nama benda, dan lakukan tebak-tebakan untuk memperkokoh ingatannya.

 

  • Ajak juga anak Anda untuk mengunjungi tempat-tempat baru. Berikan cerita atau penjelasan mengenai tempat tersebut, dan minta anak untuk menuliskan pengalaman barunya.

 

  • Kembangkan pula indera penglihatan dengan stimulus perbedaan warna, mainan, atapun melihat kaca. Anak kecil biasanya senang berkaca. Sementara itu, untuk pendengaran, bernyanyilah dan perdengarkan musik serta ucapan-ucapan positif. Lain halnya dengan indera penciuman dan pengecap, yang bisa ditingkatkan kemampuannya dengan cara mengajarkan anak pada rupa-rupa aroma dan rasa. Sementara itu, pijatan pada anak bisa membuatnya mengetahui tentang indera peraba.

 

  • Lakukan aktivitas fisik, seperti bermain di lapangan atau berolahraga. Fisik yang aktif juga dapat mengaktifkan pikiran.

 

  • Sediakan mainan-mainan yang dapat merangsang kerja otak, seperti teka-teki silang, ular tangga, dan mainan yang membuat anak berpikir strategis.

 

  • Berikan ia hadiah buku. Biarkan anak belajar mengeksplorasi dunia melalui barisan tulisan yang terangkai dalam sebuah buah. Doronglah anak untuk terus membaca, dan tanyakan tentang hal-hal yang tidak ia mengerti.

 

  • Pergunakan media dengan wajar, baik itu televisi, radio bahkan internet, karena isi media dapat juga merangsang kecerdasan kognitif anak. Games boleh-boleh saja diberikan, terutama yang mengandung nilai edukasi. Syaratnya adalah, orang tua wajib mendampingi.

 

Percaya deh, jika Anda rajin melakukan stimulasi-stimulasi di atas, kecerdasan anak akan mencapai tingkatan optimalnya. Selamat mencoba.

 

Salam,

KALBE e-Store