Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Membaca


Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Membaca

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Membaca

Salah satu usaha yang dapat dilakukan Ayah dan Ibu untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan menumbuhkan kecintaannya pada buku, dan mengajarinya membaca. Membaca dapat mengoptimalkan potensi kecerdasan anak dengan cara mempertajam daya ingat, melatih fokus anak, serta membantu memperkaya perbendaharaan katanya.

Saat masih berusia balita, anak cenderung tertarik dengan gambar yang berwarna-warni yang ada di dalam buku-buku anak.  Namun, seiring dengan semakin meningkatnya usia si kecil, biasanya kemauannya untuk membaca bisa menurun. Terlebih, jika ia terbiasa memegang “gadget” atau menonton tayang televisi. Akibatnya, anak akan pasif, serta cenderung mengambil sikap ingin ‘disuapi’, dan tidak mau mencari tahu sendiri.

 

Dr. Laura Markham, dalam website ahaparenting.com, menjelaskan bagaimana cara agar anak senang membaca sampai ia besar. Salah satunya adalah, biasakan untuk membacakan buku pada anak sejak dini. Ayah dan Ibu juga tentunya akan senang bercerita pada si kecil sebelum tidur. Tapi, ada baiknya jika tidak hanya membacakan buku pada anak saat mengantarkan ia untuk tidur saja.

 

Buatlah waktu-waktu tertentu, seperti saat hari minggu di mana Anda biasanya berkumpul bersama dengan seluruh keluarga, ajaklah anak untuk duduk bersama sambil membacakan buku cerita. Hal ini juga dapat membuat ikatan anak dan orang tua semakin dekat, lho.  Pilihlah buku yang cocok untuk anak.

 

Ikuti ketertarikan si kecil. Lalu, agar suasana semakin menarik, saat menceritakan dongeng yang ia sukai, berkreasilah. Buatlah seakan-akan Anda sedang bersandiwara dengannya. Ini akan membuat ‘waktu membaca’ anak menjadi lebih menyenangkan.

 

Pepatah mengatakan bahwa, “Buku merupakan jendela dunia”. Dengan sejak dini memperkenalkan kebiasaan membaca kepada si kecil, diharapkan anak dapat menjadi salah satu generasi yang membudidayakan kebiasaan membaca, karena dengan membaca, tidak hanya dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak, namun juga dapat membuka wawasannya. Selamat melahap pengetahuan dunia melalui barisan kata.

 

Salam,

KALBE e-Store