Kunci Penting Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Berpuasa


Kunci Penting Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Kunci Penting Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Menahan lapar dan dahaga selama satu hari penuh adalah ujian yang harus dijalani oleh para pemeluk agama Islam selama bulan Ramadhan. Bukan hanya karena diwajibkan, puasa juga memiliki banyak manfaat. Manfaat kesehatannya juga tak sedikit. Selain itu, puasa juga mengajarkan pemeluk agama Islam untuk kuat menahan godaan dan hawa nafsunya sendiri. Tapi pertanyaannya kini, apakah bisa menjaga kebugaran meski tak makan sepanjang hari? Selama Anda memegang kunci berikut ini, tetap sehat dan bugar selama berpuasa bukan lagi sekedar mimpi.

 

Sahur dengan Makanan Sehat dan Kaya Nutrisi

Sahur tidak boleh sekedar makan kenyang saja. Selain tidak boleh dilewatkan, makanan yang dikonsumsi juga harus sehat dan kaya akan nutrisi. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat harus ada dalam menu sahur Anda. Perhatikan juga komposisinya. Pastikan seimbang dan memenuhi kebutuhan selama 1 hari.

 

Minum Air Putih yang Cukup

Tubuh manusia membutuhkan asupan air putih setidaknya sebanyak 8 gelas per hari. Kebutuhan tersebut pun masih sama saat puasa. Akan tetapi karena pada siang hari Anda tidak bisa minum, maka atur komposisinya dengan benar. Anda bisa mengaturnya dengan minum 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas saat malam hari.

 

Kendalikan Diri Saat Berbuka

Karena sudah menahan lapar selama 1 hari penuh, ada kecenderungan untuk membalas dendam dengan makan banyak makanan di saat berbuka. Kebiasaan seperti ini justru bisa menyiksa pencernaan. Daripada makan berlebih dan tidak bisa bergerak nantinya, atur porsi makan dan tempo makan Anda. Intinya, makanlah makanan yang bergizi dan seimbang. Jangan berlebihan dan berhenti saat perut sudah kenyang.

 

Olahraga di Sore Hari

Meski berpuasa, bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga. Olahraga justru baik untuk menjaga kebugaran. Tapi agar tidak dehidrasi dan lemas saat masih berpuasa, berolahragalah di sore hari, tepatnya sebelum waktu berbuka.

 

Puasa tak harus identik dengan tubuh lemas dan sedikit aktivitas. Pada dasarnya, puasa adalah tentang memperbaiki kondisi tubuh dan mendidik pribadi pelakunya. Tapi agar puasa tetap lancar, tak ada salahnya mengonsumsi suplemen tambahan seperti Blackmores.

 

 

 

Salam,

KALBE Store