Terlalu Lama Bekerja Sebabkan Mata Lelah


Terlalu Lama Bekerja Sebabkan Mata Lelah

Terlalu Lama Bekerja Sebabkan Mata Lelah

Mata lelah atau capek seringkali kita alami, terutama di malam hari setelah jam kantor yang cukup panjang. Apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya?

 

Bukan rahasia lagi, terlalu lama bekerja di depan komputer atau laptop bisa membuat mata lelah dan cepat kering. Jenis kelelahan pada mata ini dikenal sebagai computer vision syndrome, dan dipercaya telah dialami oleh kurang lebih 50-90% kaum pekerja yang menggunakan komputer lebih dari tiga jam sehari. Selain itu, sebuah riset menunjukkan, bahwa seseorang cenderung memegang perangkat digital seperti smartphone, tablet, dan sebagainya lebih dekat ke arah mata, dibandingkan pada saat mereka membaca buku atau koran. Mata pun ‘dipaksa’ untuk fokus terhadap huruf atau objek berukuran kecil, sehingga menjadi kering, tegang dan lelah.

 

Apa saja tanda mata lelah? Ada banyak gejala yang menunjukkan bahwa mata Anda sedang mengalami kelelahan, misalnya: adanya iritasi mata seperti kemerahan, mata terasa pegal, mengalami kesulitan memfokuskan pandangan mata, pandangan terlihat kabur atau ganda, mata sering berair atau sebaliknya cenderung kering, dan mata menjadi sensitif terhadap cahaya. Semua gejala ini akan diperparah apabila Anda mengalami kondisi kurang istirahat atau tidur. Padahal, saat tidur adalah saat yang penting, karena mata dapat beristirahat dan ‘mengisi baterai’-nya dengan nutrisi-nutrisi penting.

 

Lalu, bagaimana cara menghindari mata lelah? Coba beberapa tips berikut, terutama bila Anda merupakan kaum pekerja yang aktif di depan komputer:

 

Gunakan metode 20-20-20, yakni mengistirahatkan mata setiap 20 menit sekali, dengan cara melihat objek lain sejauh 20 kaki selama kurang lebih 20 detik.

 

Bersihkan debu-debu yang menempel di layar monitor secara rutin. Noda-noda yang menempel di sana, selain bisa menimbulkan infeksi, juga menggangu warna dan kontras atau cahaya dari sinar komputer. Bila perlu, gunakan glare filter di layar komputer.

 

Luangkan waktu selama beberapa menit setiap hari untuk melakukan beberapa relaksasi mata, misalnya memejamkan mata selama beberapa menit atau menguap agar air mata dapat keluar dan melembabkan mata Anda.

 

Pelihara tanaman hijau yang dapat ditaruh di samping komputer Anda untuk relaksasi mata, sehingga pikiran tetap segar.

 

Jangan lupa untuk selalu menutrisi tubuh dengan konsumsi makanan yang bergizi dan baik untuk mata, terutama yang mengandung vitamin A dan karotenoid. Konsumsi juga Nutrivision, suplemen mata dari Kalbe yang dilengkapi carotenoids, bioflavanoids, vitamin A, B2, C dan E serta mineral agar mata tetap sehat, terhindar dari gangguan, seperti katarak maupun radiasi sinar ultraviolet.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store