Teknik Pijat Payudara untuk Memperlancar Produksi Air Susu Ibu

Teknik Pijat Payudara untuk Memperlancar Produksi Air Susu Ibu

Air susu ibu merupakan nutrisi utama bagi bayi, khususnya ketika mereka belum menginjak usia enam bulan. Terkadang selama proses menyusui, ibu sering mengalami masalah, misalnya dalam hal produksi air susu yang tidak mencukupi kebutuhan sang bayi, sehingga menghambat proses pemberian nutrisi kepada bayi. Jika hal tersebut terjadi, tentunya dapat menganggu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Jadi, sebaiknya Anda mencegah hal tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memijat payudara selama masa menyusui berlangsung.

 

Memijat payudara ibu selama masa menyusui dapat dilakukan sendiri oleh Anda di rumah. Hanya dengan bermodalkan tutorial, arahan yang benar, kain lap dan minyak pijat, maka proses pemijatan pun dapat dilakukan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mempelajari panduan memijat di bawah ini:

 

  • Penting untuk mencuci tangan Anda sebelum melakukan pemijatan. Setelah tangan Anda bersih, tuangkan minyak pijat atau baby oil ke telapak tangan Anda.

 

  • Kemudian, sokong payudara kiri dengan tangan kiri, lalu lakukan gerakan memutar kecil dengan dua atau tiga jari tangan kanan dimulai dari pangkal payudara, dan berakhir pada puting susu. Lakukan hal tersebut di seluruh permukaan atas payudara, dan pada payudara lainnya.

 

  • Letakkan kedua telapak tangan di antara kedua payudara kemudian pijat dari tengah ke arah atas, lalu menyusuri pinggir payudara ke arah bawah, sehingga telapak tangan menyangga kedua payudara. Kemudian, angkat payudara, dan lepaskan keduanya secara perlahan. Lakukan hal yang sama sebanyak 20-30 kali.

 

  • Sangga payudara kiri dengan tangan kiri, sedangkan tangan kanan mengurut payudara kiri dengan menggunakan sisi luar telapak tangan, dimulai dari pangkal payudara ke arah puting susu. Lakukan gerakan yang sama sebanyak 20-30 kali, dan bergantian dengan payudara kiri.

 

  • Setelah selesai, kompres payudara dengan kain, lap, atau handuk yang telah dibasahi oleh air hangat beberapa kali. Hal ini berguna untuk membersihkan minyak, dan melancarkan peredaran darah di daerah payudara.

 

Jika rutin dilakukan, pijatan tersebut dapat membantu memperlancar aliran air susu ibu, sehingga tentunya juga dapat membantu melancarkan proses penyaluran nutrisi kepada sang buah hati. Selama menikmati hari-hari sebagai ibu menyusui.

 

Salam,

KALBE e-Store