Teknik Meditasi untuk Berdiet dan Menurunkan Berat Badan

Teknik Meditasi untuk Berdiet dan Menurunkan Berat Badan

Berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat telah terbukti mampu menurunkan berat badan dan tekanan darah. Namun, ternyata ada juga lho, cara lain yang bisa Anda coba untuk menyukseskan program diet Anda. Salah satunya adalah meditasi.

 

Meditasi adalah suatu kegiatan atau latihan untuk memfokuskan perhatian, sehingga dapat menemukan kedamaian di dalam diri. Dampak meditasi sangat banyak, terutama untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, termasuk untuk menurunkan tekanan darah, mengelola stress dengan lebih baik, relaksasi tubuh, membangun energi internal, meningkatkan konsentrasi, hingga mengubah pola pikir tentang berbagai hal, termasuk cara pandang kita terhadap diet dan makanan.

 

Khusus untuk manfaat yang terakhir disebutkan, banyak orang yang tidak menyadari bahwa, kebiasaan dan pola makan mereka sebenarnya tidak sehat. Pasti Anda pernah kan, mendengar seseorang mengatakan bahwa, ia tidak bisa berhenti mengunyah saat sedang stress, misalnya saat sedang dikejar deadline atau putus cinta. Hal ini karena, sebagian orang terbiasa untuk mencari kenyamanan dari makanan. Akibatnya, saat sedang dirundung masalah, mereka pun lantas ngemil, padahal sebenarnya tidak merasa lapar, dan tidak butuh kalori tambahan. Nah, dengan rutin melakukan meditasi, seseorang bisa lebih waspada terhadap pikiran dan tindakannya, khususnya yang berhubungan dengan makanan, sehingga membantu dalam mengatur kebiasaan makanan akibat dorongan emosional.

 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan meditasi di rumah, diantaranya:

Temukan lokasi yang membuat Anda tenang dan nyaman. Keuntungan lain dari meditasi adalah, kegiatan ini bisa dilakukan di mana saja dan dalam posisi apa saja. Jadi, Anda bisa bermeditasi sembari duduk di atas kursi, rebahan di atas tempat tidur, atau bahkan berjalan kaki. Intinya, temukan posisi dan lokasi yang membuat Anda merasa rileks.

Gunakan postur tubuh yang membuat Anda nyaman, seperti duduk, tidur, berdiri, atau berjalan kaki.

Pilihlah tempat, waktu dan metode yang membuat Anda nyaman.

Fokuskan pikiran, dengan cara berkonsentrasi pada satu kata, benda di dalam pikiran, ritme napas, atau hal lainnya.

Saat Anda baru pertama kali mencoba bermeditasi, normal saja jika Anda mengalami kesulitan untuk mengosongkan pikiran selama meditasi, dan banyak pemikiran yang terlintas dalam benak Anda. Namun, sebisa mungkin cobalah untuk tidak menghiraukannya, dan tetap fokus pada satu hal saja.

Anda pun dapat mengambil kelas meditasi untuk pemula.

 

Meditasi mungkin tidak secara langsung menurunkan berat badan Anda. Namun, dengan mengubah pola pikir Anda terhadap makanan, seiring dengan berjalannya waktu, hal itu akan dapat mempengaruhi pola makan dan gaya hidup Anda. Sebab, jika Anda mampu mengatur pikiran Anda, maka kehidupan Anda pun dapat diatur dengan lebih mudah. Jadi, mulai sekarang, yuk lakukan meditasi, sehingga mendapatkan ketenangan pikiran, emosi, dan segudang manfaat lainnya.

 

 

 

Salam,

KALBE Store