Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Termasuk Korupsi

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Termasuk Korupsi

Di penghujung tahun 2020, masyarakat dikejutkan dengan penangkapan Menteri karena kasus korupsi. Korupsi merupakan tindakan penyalahgunaan benda terutama uang yang digunakan untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Tindakan ini tentu dapat merugikan orang lain. Seperti dalam kebanyakan kasus korupsi yang dilakukan oleh pemerintah yang memberikan efek kerugian pada Negara.

 

kebiasaan kecil ini merupakan tindakan korupsi

 

Tetapi tahukah Anda, bahwa korupsi bisa dilakukan oleh semua individu tanpa terkecuali. Bahkan korupsi bisa dilakukan pada hal-hal kecil di dalam kehidupan. Kebiasaan ini jika dilakukan secara terus-menerus tentu dapat menjadi kebiasaan bagi seseorang. Sehingga 5 kebiasaan ini dapat menjadi cikal bakal korupsi di dalam diri Anda.

 

1. Menyontek

Kebiasaan menyontek ternyata dapat menjadi penyebab korupsi di masa depan. Sebab menyontek merupakan cara seseorang untuk mencari jalan pintas untuk mendapatkan sesuatu secara cepat dari orang lain. Padahal orang yang yang dicontek sudah melakukan upaya tertentu untuk melakukan pekerjaan dengan baik demi mencapai hasil yang maksimal. Dengan mencontek, Anda mendapatkan hasil yang baik tetapi bukan hasil dari jerih payah Anda sendiri.

 

2. Suka terlambat

Kebiasaan terlambat juga dapat menumbuhkan kebiasaan korupsi. Terlambat akan membuat waktu terbuang sia-sia. Padahal waktu tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna. Apalagi jika Anda terlambat saat harus janjian dengan orang lain. Tentu kondisi ini akan merugikan orang yang menunggu Anda. untuk itu, usahakan agar selalu tepat waktu. Jangan lupa untuk memberikan kabar yang jujur kepada teman, mengenai penyebab Anda terlambat.

 

3. Mengambil uang kembalian

Fams, coba ingat-ingat masa lalu. Pernahkah Anda disuruh oleh orang tua untuk membeli barang tertentu tetapi uang kembaliannya tidak dikembalikan kepada mereka? Jika ya, berarti Anda sudah melakukan korupsi saat itu. Sebab Anda mengambil uang yang bukan hak Anda, karena tidak meminta izin kepada orang tua. Jika sejak kecil Anda sering melakukan ini, jangan heran jika hal serupa akan terjadi di masa depan. Sebab mengembalikan uang orang lain memang tidak akan memberikan kerugian bagi Anda. Tetapi hal ini melatih kejujuran Anda. Selain itu Anda juga terhindar dari masalah jika uang tersebut sudah digunakan untuk keperluan pribadi.

 

4. Membuang-buang waktu untuk mengerjakan hal yang tidak penting

Anda suka bermain gim? Atau suka berbaring sambil membuka sosial media? Keduanya memang asik untuk dilakukan. Tetapi jika Anda bermain gim atau bermain sosial media hingga lupa waktu dan menunda kegiatan lain, tandanya Anda sudah membuang-buang waktu untuk hal yang tidak penting. Aktivitas ini termasuk dalam korupsi lho Fams. Karena Anda memilih untuk menghabiskan waktu untuk hal-hal yang menyenangkan, tetapi tidak bermanfaat. Apalagi jika aktivitas tersebut membuat kerjaan Anda tertunda hingga menumpuk. Akhirnya Anda akan merasa pusing karena banyaknya tekanan dari pekerjaan yang tertunda.

 

5. Tidak mau mengantre

Kebiasaan terakhir yang termasuk sebagai tindakan korupsi adalah malas mengantre. Aktivitas mengantre ini akan Anda temukan pada saat hendak membayar di kasir, mengambil uang di ATM, atau saat mendaftar ke rumah sakit. Tentunya mengantre memiliki tujuan untuk melatih kesabaran dan mendapat giliran sesuai dengan urutan. Dengan begitu kondisi akan tetap kondusif, dan tidak merebut hak orang lain.

 

Itulah 5 kebiasaan kecil korupsi dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin tidak Anda sadari. Yuk hilangkan kebiasaan tersebut pada tahun baru ini. Dengan begitu, Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik dan mengurangi budaya korupsi di Tanah Air. Sambil belajar untuk menghilangkan kebiasaan korupsi, Anda bisa menikmati Entrasol Active yang merupakan susu tinggi kalsium untuk usia 19-50 tahun. Dapatkan segera Entrasol Active dengan mudah di sini.

 

dukung kesehatan dan perbaikan pribadi dengan Entrasol Active

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/life/inspiration/dewa-putu-ardita/hati-hati-6-kebiasaan-kecil-ini-bikin-bibit-korupsi-di-dirimu-tumbuh/6