Tanda Tubuh Anda Perlu “Diet” Gula

Tanda Tubuh Anda Perlu “Diet” Gula

Menikmati makanan manis memang rasanya seperti “surga” dunia. Sehingga hampir rasanya tidak ada orang yang tidak menyukai rasa manis. Tetapi di balik kenikmatannya, rasa manis menyimpan dampak buruk yang perlahan-lahan diberikan kepada tubuh. Ya, terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis dapat menyebabkan Anda terkena diabetes.

 

Seperti yang Anda tahu, diabetes merupakan penyakit metabolik yang disebabkan karena meningkatnya kadar glukosa atau gula dalam darah. Diabetes yang tidak diatasi bisa menyebabkan komplikasi. Sehingga Anda dapat terkena penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, serta gangguan pada organ tubuh lainnya.

 

Sebenarnya, Anda tidak perlu menunggu diagnosis medis mengenai kadar gula darah yang tinggi. Tubuh Anda akan dengan sendirinya memberikan sinyal jika sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis. Nah, berikut ini merupakan “alarm” alami yang diberikan tubuh saat Anda perlu mengurangi konsumsi gula.

 

 

 

tanda dari tubuh jika sudah kelebihan asupan gula

 

 

 

1. Peningkatan kadar manis

 

Saat Anda banyak mengonsumsi gula, tingkat rasa manis pun akan bertambah. Contohnya jika biasanya Anda membuat teh dengan 3 sendok gula, lama-kelamaan takaran gulanya akan bertambah, sebab terasa hambar. Kondisi ini menandakan tubuh Anda mengembangkan intoleransi terhadap rasa manis. Sehingga dibutuhkan banyak gula untuk memuaskan rasa manis yang diinginkan. Jika sudah merasakan ini, Anda perlu melakukan diet gula.

 

2. Tidak semangat

 

Memang benar jika gula memberikan energi bagi tubuh melalui karbohidrat yang terurai. Namun, kadar gula yang tidak stabil tidak bisa bertahan lama. Sehingga kadar gula yang tidak terkendali malah memicu penurunan tingkat energi yang menyebabkan Anda merasa lelah. Bahkan tidak jarang kebanyakan asupan gula membuat Anda mudah mengantuk dan sedikit lambat dalam menjalankan aktivitas. Nah, mungkin jika Anda merasakan gejala tersebut, Anda perlu melakukan detoks gula.

 

3. Berat badan naik

 

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis akan membuat berat badan Anda bertambah. Bahkan dalam sebulan, berat badan bisa naik hingga 3 kilogram. Kenaikan berat badan disebabkan karena gula sangat mudah dicerna disimpan sebagai lemak jika tidak digunakan sebagai energi. Gula juga tidak memberikan nutrisi apapun bagi tubuh, sehingga kalorinya hanya disimpan sebagai lemak.

 

4. Cepat lapar

 

Seperti yang sudah disebutkan, gula tidak memberikan nutrisi bagi tubuh sehingga tidak memberikan dampak positif bagi pencernaan. Itulah yang membuat Anda akan menjadi cepat lapar setelah mengonsumsi makanan manis. Bahkan efek lapar ini bisa muncul satu jam konsumsi makanan manis, seolah-olah Anda belum makan sama sekali.

 

5. Susah fokus

 

Tanda terakhir yang ditunjukan oleh tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi gula adalah sulit fokus. Kondisi ini disebabkan oleh kadar gula yang meningkat. Sehingga Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis sebelum rapat atau pengambilan keputusan. Anda bisa mengganti asupan gula dengan mengonsumsi buah-buahan.

 

Cara untuk melakukan diet gula

 

Bagi Anda yang ingin melakukan diet gula, ada cara-cara yang perlu diperhatikan. Pertama, pada 3 hari awal Anda direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi gula tambahan, termasuk dari buah, susu, atau biji-bijian. Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sayuran, dan lemak sehat seperti ayam dan ikan. Selanjutnya pada hari keempat, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan seperti apel. Anda juga bisa mengonsumsi susu dan yogurt tetapi tetap harus rendah lemak dan tanpa pemanis. Hari-hari berikutnya Anda harus mengontrol konsumsi gula dengan tetap mengonsumsi buah dan susu tanpa gula.

 

Selain menjalankan diet gula, Anda juga dapat mengonsumsi Diabetasol. Sebab menjaga kadar gula darah dengan susu & makanan untuk diabetes juga memberi pengaruh besar. Apalagi Diabetasol mengandung karbohidrat lepas lambat yang digabungkan dengan serat sehingga kadar gula darah Anda tetap terkontrol. Diabetasol tidak hanya cocok bagi penderita diabetes, tapi juga cocok bagi Anda yang ingin menjalankan diet gula. Yuk sadari sendiri tanda dan gejala tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi gula.

 

 

 

diet gula bisa dibantu dengan mengonsumsi Diabetasol

 

 

 

KALBE Store menjual makanan untuk Diabetes dan susu diabetes online lho. Jadi, Anda bisa mendapatkan Diabetasol dengan mudah di sini!

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com

Cnnindonesia.com