Tanda-Tanda Mata Minus Anda Bertambah

Tanda-Tanda Mata Minus Anda Bertambah

Memiliki mata yang sehat merupakan impian dari semua orang. Sebab, gangguan pada indera penglihatan tentu akan mengganggu aktivitas harian Anda. Sehingga penggunaan alat bantu kacamata diperlukan untuk membantu Anda melihat dengan baik.

 

Ada beberapa jenis gangguan pada mata. Salah satunya adalah mata minus. Mata minus atau disebut sebagai rabun jauh merupakan gangguan pada penglihatan yang menyebabkan objek yang letaknya jauh terlihat kabur. Tetapi pada saat melihat objek yang letak dekat, penderita rabun jauh tidak mengalami masalah.

 

ketahui ciri-ciri mata minus bertambah

 

Rabun jauh terjadi karena adanya salah satu kelainan pada refraksi mata. Kondisi ini umumnya terjadi karena mata yang tidak dapat memfokuskan cahaya pada tempat yang seharusnya, yaitu retina mata. Mata minus ditandai dengan kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh, memicingkan mata saat melihat sesuatu, mata terasa tegang, hingga terasa lelah.

 

Ciri-ciri minus pada mata bertambah

 

Keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri atau D. keparahan ini dibagi kembali menjadi 3 tingkat, yaitu miopia rendah, miopia sedang, dan miopia berat. Nah, untuk itu berikut merupakan tanda-tanda mata minus Anda bertambah.

1. Pandangan yang semakin kabur

Tanda pertama bahwa mata minus bertambah adalah pandangan mata yang semakin tidak jelas atau berbayang. Kondisi ini bisa terjadi walaupun Anda sudah menggunakan kacamata. Anda akan merasa kesulitan dalam melihat objek-objek yang berada jauh dari penglihatan mata, walaupun sudah mencoba memfokuskan pandangan. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat membahayakan, terutama bagi Anda yang membawa kendaraan.

 

2. Mata terasa lelah

Tanda berikutnya adalah mata yang sering merasa lelah. Ukuran kacamata minus yang tidak pas membuat mata Anda akan melakukan usaha lebih dalam melihat benda yang jauh. Akibatnya otot-otot mata akan menjadi tegang dan mata menjadi lelah. Otot mata yang bekerja secara berlebihan akan membuat mata terasa panas, perih, dan gatal.

 

3. Mata berair

Mata yang berair pada saat menggunakan kacamata, menandakan bahwa ukuran minus sudah tidak sesuai. Air mata keluar karena kondisi mata yang kering. Sehingga secara otomatis, mata akan memproduksi air untuk membasahi bola mata. Jika kondisi ini terus berlanjut, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter mata untuk pemeriksaan lanjutan.

 

4. Kepala terasa sakit dan pusing

Penggunaan alat bantu penglihatan yang tidak sesuai dapat memberikan efek gangguan pada kesehatan. Kondisi ini terjadi karena mata yang dipaksa bekerja lebih keras, sehingga menyebabkan sakit kepala bahkan mual. Selain itu, Anda juga akan merasakan pusing karena penglihatan yang buram.

 

5. Tidak dapat melihat cahaya terang

Tanda-tanda terakhir mata minus bertambah adalah terlalu sensitif saat melihat cahaya. Kondisi ini dapat terjadi saat Anda berada di luar ruangan yang langsung terkena sinar matahari, lalu tidak sanggup menatap sekeliling dalam waktu yang lama. Sensitif terhadap layar ponsel bisa juga menjadi tanda mata minus bertambah. Padahal cahaya tersebut masih dalam batas wajar, tetapi bagi Anda malah menyilaukan dan membuat mata menjadi sakit.

 

Nah, bagi Anda yang mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui ukuran mata minus. Hal ini penting agar Anda dapat mengganti kacamata untuk membantu penglihatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi Blakcmores Lutein Vision yang merupakan suplemen kesehatan mata. Dapatkan Blackmores Lutein Vision dengan mudah di sini.

 

jaga kesehatan mata dengan suplemen Blackmores Lutein Vision

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Jika Punya Ciri-ciri Ini, Tandanya Minus di Mata Kamu Bertambah! | Cek Penyebabnya, Nih!