Tanda-Tanda Bayi Sehat dan Cerdas

Tanda-Tanda Bayi Sehat dan Cerdas

Kerap kali, Ibu merasa kesulitan mengenali tanda-tanda bayi sehat, terutama ketika mereka baru lahir dan dalam tahap perkembangan kurang dari 6 bulan. Bayi pada usia tersebut sangat rentan, dan belum dapat menunjukkan aktivitas atau ekspresi mereka secara bebas. Inilah yang membuat seringkali ibu salah paham dengan kondisi buah hatinya, dan memberikan penanganan yang salah. Sebenarnya, ada beberapa indikator yang dapat digunakan untuk mengenali ciri-ciri bayi sehat dan cerdas.

 

Pertama, bayi akan merasa nyaman dengan sentuhan dan suara ibu, karena pada saat bayi berada dalam rahim, mereka merekam semua kegiatan yang berhubungan dengan ibu mereka. Jadi, suara yang dikenali bayi akan menenangkan mereka, terutama dalam keadaan menangis. Jika bayi Anda menangis terus-menerus, segera periksakan ke dokter.

 

Kedua, periksalah popok bayi Anda. Jika popok mereka basah, maka mereka mengonsumsi ASI dengan baik, dan hal itu menunjukkan berat badan mereka akan naik secara perlahan-lahan.

 

Ketiga, sekalipun bayi sering menangis, ada kalanya bayi akan diam dan memerhatikan keadaan sekitarnya. Pada saat itu, bayi sedang mengenali lingkungan sekitarnya, dan otot mata mereka berusaha fokus. Ini menandakan bayi Anda dalam keadaan sehat, dan panca indera mereka berfungsi dengan aktif.

 

Bayi yang sehat juga mampu mengenali suara, namun butuh beberapa waktu untuk menyesuaikannya. Ketika bayi bereaksi terhadap suara, maka pendengaran bayi sehat, dan itu menunjukkan tumbuhnya rasa penasaran mereka terhadap dunia sekitar. Selain itu, penglihatan mereka akan berkembang, khususnya di usia dua bulan. Bayi akan mulai memperhatikan pola, warna dan benda yang bergerak.

 

Terakhir, pada umumnya bayi akan mulai tersenyum ketika usia dua bulan, tertawa ketika usia empat bulan, dan pada usia 6 bulan mereka akan merespon seseorang yang tersenyum kepadanya. Hal ini menunjukkan bahwa bayi sudah memperhatikan lingkungannya, dan kemampuan otak mereka sedang berkembang.

 

Seiring dengan bertambahnya usia, bayi akan mengurangi intensitasnya menangis dan mulai tidur dengan teratur. Bayi sehat juga mampu menahan berat badan mereka, mulai mampu mengangkat kepalanya atau tangannya. Hal ini menunjukan bahwa otot bayi Anda sedang berkembang.

 

Semoga informasi tersebut memberikan pengetahuan kepada ibu supaya lebih mengenal buah hatinya. Sering-seringlah Anda mencari informasi seputar perkembangan dan pertumbuhan bayi. Jika sesuatu yang salah terjadi, segeralah minta bantuan dokter.

 

Salam,

KALBE Store