Tanda-Tanda Anemia Kehamilan

Tanda-Tanda Anemia Kehamilan

Selama masa kehamilan, ada satu gangguan kesehatan yang cukup mengkhawatirkan. Anemia kehamilan, penyakit yang satu ini memang terlihat tak begitu berbahaya. Namun jika tidak diatasi, bisa dipastikan akan berdampak serius pada kesehatan ibu dan janin. Mengonsumsi susu ibu hamil memang bisa menjadi jawaban. Akan tetapi, langkah seperti ini sulit diantisipasi jika belum memahami tanda-tanda dari anemia kehamilan.

 

Wajah Terlihat Pucat

Tanda anemia kehamilan sebenarnya tidak berbeda jauh dengan anemia pada umumnya. Salah satu diantaranya adalah wajah yang terlihat pucat. Kekurangan darah merah bisa membuat hal ini terjadi. Bahkan tidak hanya area wajah saja, kulit juga terlihat lebih pucat.

 

Mudah Lelah

Saat tubuh kekurangan hemoglobin, penyerapan oksigen dalam sel darah merah akan terganggu. Akibatnya, penyebaran oksigen ke seluruh tubuh pun bermasalah. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh terasa cepat lelah. Susu ibu hamil umumnya mengandung zat besi. Karena itu, susu ini bisa membantu mencegah masalah seperti ini.

 

Nafas Lebih Cepat

Anemia kehamilan juga bisa ditandai dengan nafas yang menjadi lebih cepat. Kurang lebih ini juga terkait dengan efek tubuh yang mudah lelah. Seperti yang diketahui, nafas manusia umumnya akan bertambah cepat saat mereka merasa kelelahan. Pada anemia kehamilan, hal serupa juga kerap dijumpai. Jantung juga cenderung berdetak lebih cepat.

 

Nafsu Makan Menurun

Ibu hamil yang mengalami anemia kehamilan umumnya akan kehilangan nafsu makannya. Ia cenderung susah menerima asupan makanan apapun itu. Padahal, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, dianjurkan untuk mengonsumsi susu ibu hamil demi melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

 

Tanda anemia sebenarnya sangat mudah dilihat. Selain tanda-tanda di atas, ibu hamil yang menderita anemia kehamilan juga mengalami masalah penyembuhan luka. Jika sudah seperti ini, tidak ada cara lain selain mengobatinya. Karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga kondisi kesehatannya. Mengonsumsi makanan sehat, lengkap dan kaya zat besi bisa mengurangi risiko anemia kehamilan. Susu hamil seperti susu Prenagen juga bisa membantu menekan risiko tersebut.

 

 

 

Salam,

KALBE Store