Susu Sapi atau Susu Kambing? Mana yang Terbaik Untuk Si Kecil


Susu Sapi atau Susu Kambing? Mana yang Terbaik Untuk Si Kecil

Susu Sapi atau Susu Kambing? Mana yang Terbaik Untuk Si Kecil

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil, semakin banyak orang tua yang turut menyertakan susu formula sebagai makanan pelengkap. Kandungan nutrisinya yang kaya menjadi salah satu alasan diambilnya keputusan tersebut. Susu formula pun berkembang menjadi semakin beragam. Selain hadir dalam varian rasa yang beragam, basis susunya juga tidak terbatas pada susu sapi saja. Bahkan kini ada susu yang dibuat dari susu kambing. Terkadang ini membawa sedikit dilema untuk orang tua. Antara susu formula berbasis susu sapi dengan susu kambing, kira-kira mana yang terbaik?

 

Kandungan Nutrisi dalam Susu Sapi

Baik susu sapi maupun susu kambing, keduanya sama-sama mengandung kalori, lemak dan beberapa vitamin. Dalam secangkir susu sapi, setidaknya terkandung 148 kalori. Kandungan lemaknya sendiri berada di angka 8 gram. Nutrisi penting lainnya yang juga bisa dijumpai dalam susu sapi antara lain vitamin B2 dan vitamin B12.

 

Kandungan Nutrisi dalam Susu Kambing

Kalori dalam susu kambing terbilang cukup tinggi, yakni berada di angka 168 kalori untuk tiap cangkirnya. Begitu pula dengan kandungan lemaknya yang berkisar di angka 10 gram. Kandungan kalsium di dalam susu kambing juga tinggi. Namun untuk vitamin B12, bisa dibilang lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu, susu kambing juga mengandung vitamin A, vitamin C dan potasium.

 

Mana yang Lebih Baik? Susu Sapi atau Susu Kambing?

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, susu kambing terbilang lebih unggul, misalnya saja terkait dengan jumlah kalorinya. Kalori dalam susu kambing yang lebih tinggi justru baik untuk anak-anak yang memang sangat aktif dan sedang dalam masa pertumbuhan. Selain itu, kandungan kalsium dalam susu kambing juga lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi. Begitu pula dengan vitaminnya yang lebih beragam. Meski kandungan lemaknya lebih banyak, lemak susu kambing justru lebih mudah dicerna.

 

Di sisi lain, susu sapi terlihat lebih unggul pada sisi kandungan lemak jenuhnya yang lebih rendah. Kandungan vitamin B12 yang lebih tinggi juga menjadi kelebihan tersendiri. Karena alasan ini jugalah susu sapi lebih sering dijadikan sebagai basis susu formula.

 

Melihat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis susu, pilihan kembali pada kebutuhan. Namun terlepas dari itu semua, memilih susu formula hendaknya juga harus dengan memperhatikan kualitasnya. Untuk urusan kualitas, Anda bisa mempercayakannya pada Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store