Susu Formula Lebih Baik Dari Susu Sapi, Apakah Benar Demikian?

Susu Formula Lebih Baik Dari Susu Sapi, Apakah Benar Demikian?

Antara susu sapi dan susu formula anak, secara sepintas keduanya memang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Semua nutrisi yang ada dikandungnya memang nyata. Hanya saja, tidak semua nutrisi tersebut memiliki dosis yang tepat untuk si kecil. Beberapa nutrisi justru memiliki dosis yang terlalu tinggi, terlebih saat berbicara tentang susu sapi. Berangkat dari sinilah muncul penilaian bahwa susu formula seperti Susu Morinaga masih relatif lebih baik dibandingkan susu sapi. Tapi apa benar demikian?

 

Kandungan Susu Formula Anak dan Susu Sapi

Secara umum, kandungan susu formula anak dan susu sapi sebenarnya cukup mirip. Hanya saja ada perbedaan dosis pada beberapa nutrisi. Misalnya saja protein. Kadar protein susu sapi terbilang terlalu tinggi untuk si kecil. Begitu pula kandungan mineral di dalamnya. Ini bisa memberatkan ginjal anak dan memicu gangguan kesehatan yang berhubungan dengannya.

Beberapa nutrisi dalam susu sapi juga kurang mencukupi kebutuhan si kecil. Misalnya saja vitamin C dan zat besi. Sebaliknya, susu formula seperti Susu Morinaga memiliki dua nutrisi penting tersebut. Belum lagi dampak buruk lain yang bisa disebabkan oleh susu sapi seperti berisiko melukai saluran pencernaan anak dan menyebabkan feses berdarah. Kandungan lemak pada susu sapi juga tergolong tidak baik untuk anak dan bisa memicu obesitas.

 

Kapan Si Kecil Bisa Mengonsumsi Susu Sapi

Sama seperti susu formula anak, susu sapi boleh diberikan kepada si kecil setelah ia berusia 1 tahun. Hanya saja, pemberian susu sapi harus dilakukan dengan cermat. Itu pun boleh dilakukan dengan catatan anak mendapat asupan nutrisi yang mencukupi dari makanan pokok yang meliputi sereal, sayur, buah dan daging. Kuantitasnya juga harus diperhatikan dan tidak boleh lebih dari 2 gelas sehari.

 

 

Di sisi lain, susu formula anak relatif lebih aman. Kandungan nutrisi di dalamnya juga lebih terkontrol. Itu semua karena susu seperti ini memang didesain khusus untuk menyempurnakan kebutuhan nutrisi si kecil. Bahkan susu formula juga dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan usia anak. Jika ingin melengkapi kebutuhan nutrisi harian si kecil, memberi susu formula sebenarnya lebih aman. Namun tentu saja, Anda tetap harus memilih susu yang berkualitas seperti Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALCare