12 Suplemen Zat Besi yang Aman untuk Ibu Hamil

12 Suplemen Zat Besi yang Aman untuk Ibu Hamil

Nutrisi yang harus dipenuhi dengan baik di masa kehamilan adalah zat besi. Ada banyak manfaat zat besi untuk ibu hamil. Oleh karena itu, suplemen zat besi sangat disarankan untuk ibu hamil.

Di dalam tubuh, zat besi memiliki peran penting dalam pembentukkan hemoglobin. Hemoglobin merupakan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh Anda. Pada masa kehamilan, terjadi peningkatan kebutuhan zat besi hingga 2 kali lipat. Sebab zat besi diperlukan untuk membuat lebih banyak sel darah merah yang membawa oksigen ke tubuh ibu dan janin.

Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat menyebabkan anemia. Anemia defisiensi besi tidak hanya menyebabkan ibu hamil mudah lemas dan lelah, tetapi juga berisiko mengalami kelahiran prematur. 

Rekomendasi Suplemen Zat Besi untuk Ibu Hamil

Melihat risiko yang akan terjadi, tentu lebih baik ibu mencegah anemia defisiensi besi saat hamil dengan perbanyak konsumsi zat besi.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi atau suplemen penambah darah untuk ibu hamil.

Berikut ada 12 rekomendasi suplemen zat besi yang bisa dipilih untuk ibu hamil.

1. Sakatonik Liver

sakatonik liver

Sakatonik Liver merupakan multivitamin dan mineral untuk mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi. Suplemen ini mengandung Lipofer yang setara dengan 4 miligram (mg) zat besi dan Ferro gluconate yang setara dengan 11 miligram zat besi.

Sakatonik Liver tersedia dalam bentuk sirup dan kaplet. Keduanya dapat dikonsumsi selama masa kehamilan. Dosis untuk Sakatonik Liver sirup adalah 1-2 kali sehari satu sendok makan. Sedangkan untuk Sakatonik Liver kaplet dapat diminum 1 kaplet setiap hari.

Baca juga: Cara Mengatasi Anemia Selama Kehamilan

2. Ferofort

ferofort suplemen zat besi untuk ibu hamil

Ferofort merupakan suplemen vitamin dan mineral yang dapat membantu terapi atau pencegahan anemia, terutama pada ibu hamil dan menyusui. 

Suplemen ini memiliki kandungan Ferronyl 84,7 mg (besi) dengan tambahan asam folat, vitamin B12, B6, B1, B2, dan asam askorbat.

Suplemen ini tersedia dalam bentuk kaplet salut selaput. Sebaiknya Anda mengonsumsi Ferofort 1-2 kaplet setiap hari sesudah makan, atau sesuai dengan petunjuk dokter.

3. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Suplemen yang mengandung zat besi untuk ibu hamil selanjutnya adalah Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Suplemen ini mengandung fumarat (besi 5 mg) 15,7 mg. Kandungan zat besi dalam suplemen ini tidak menyebabkan konstipasi pada ibu hamil dan menyusui. 

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold merupakan suplemen berbentuk kapsul lunak. Ibu hamil dan menyusui dapat mengonsumsinya 2 kapsul dalam sehari.

Baca juga: Pentingnya Minum Susu Ibu Hamil dari Trimester Awal

4. Osfit Platinum

Osfit Platinum merupakan suplemen multivitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan dan menyusui.

Suplemen ini mengandung 29,58 mg besi. Tak hanya itu saja, suplemen ini juga dilengkapi dengan vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B1, dan asam folat yang baik perkembangan janin. Osfit Platinum dapat dikonsumsi 1 kapsul lunak dalam sehari dan cocok digunakan untuk jangka panjang. 

5. Tonikum Bayer

tonikum bayer suplemen zat besi ibu hamil

Tonikum Bayer juga merupakan multivitamin yang mengandung zat besi. Suplemen ini dapat membantu memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral selama masa kehamilan hingga menstruasi dengan kandungan 20 mg zat besi.

Tonikum Bayer memiliki rasa Tutti Frutti yang dapat menyamarkan rasa besi saat dikonsumsi. Pada masa kehamilan, Anda dapat mengonsumsi 1 sendok makan Tonikum Bayer satu kali sehari.

6. Hufabion

Hufabion merupakan suplemen berbentuk kapsul yang mengandung zat besi. Terdapat juga kandungan asam folat dan multivitamin yang baik untuk kesehatan ibu dan janinnya. Suplemen ini mengandung zat besi (ferrous fumarate) 250 mg yang dapat dikonsumsi 1 hari sekali setelah makan.

7. Hufabionic

hubafionic suplemen zat besi untuk ibu hamil

Suplemen Hufabionic mengandung zat aktif sodium feredetate 38 mg yang membantu memenuhi kebutuhan zat besi pada masa kehamilan dan menyusui.

Selain itu terdapat juga kandungan vitamin dan mineral seperti asam folat, zinc, dan mangan. Anda bisa mengonsumsi suplemen ini 1 kapsul setiap hari setelah makan.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Sayuran Bagi Ibu Hamil?

8. Sangobion

Sangobion kapsul merupakan suplementasi zat besi, vitamin, dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh serta mengatasi anemia. Sangobion menggunakan ferrous gluconate yang setara dengan 30 mg elemental zat besi. Anda bisa mengonsumsi Sangobion 1 kapsul sehari sesudah makan atau sesuai anjuran dokter.

9. Sangobion Vita-Tonik

Sangobion Vita-Tonik merupakan suplemen zat besi dalam bentuk sirup. Berbeda dengan kapsul, Sangobion Vita-Tonik mengandung ferrazone 113 mg setara 15 mg elemental zat besi.

Suplemen ini juga mengandung vitamin B1, B2, B3, dan B12 untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Disarankan Anda mengonsumsi Sangobion Vita-Tonik 1-2 sendok makan per hari.

10. Fermia

Suplemen yang mengandung zat besi selanjutnya adalah Fermia. Suplemen ini menggunakan Fe fumarat 60 mg serta tambahan asam folat dan vitamin B6.

Anda bisa mengonsumsi suplemen Fermia 1 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter.

11. Natures Plus Iron 40 mg

Natures Plus Iron 40 mg merupakan suplemen zat besi yang berasal dari Amerika Serikat.

Kadar zat besi yang tinggi ini dapat digunakan sebagai terapi tambahan bagi pasien yang mengalami anemia dan kekurangan zat besi. Suplemen ini dapat dikonsumsi 1 kali sehari sesudah makan.

12. Iron Melts 

Terakhir ada Iron Melts yang merupakan suplemen zat besi kunyah dari Australia. Suplemen yang satu ini tidak hanya cocok bagi ibu hamil, tetapi dapat dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Iron Melts mengandung 5 mg zat besi, 250 mcg asam folat, serta 10 mcg vitamin B12. 

Ada juga kandungan vitamin C yang membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi Iron Melts 1 tablet kunyah setiap hari.

Itulah rekomendasi suplemen zat besi untuk ibu hamil. Yuk, jaga kehamilan dengan mengonsumsi produk susu dan suplemen khusus ibu hamil di KALCare.

 

Artikel dicek oleh: dr. Isman Sandira

Penulis: Chamilla Maria | Editor: Nimas Mita

Sumber:

  • Bayer. Diakses pada 2021. Indonesia Nutritional
  • Blackmores id. Diakses pada 2021. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold
  • Erela. Diakses pada 2021. Products
  • Hufa. Diakses pada 2021. Hufabion kapsul
  • Hufa. Diakses pada 2021. Hufabionic kapsul
  • Iron Melts. Diakses pada 2021. Iron melts
  • KALBE. Diakses pada 2021. Ferofort
  • KALBE. Diakses pada 2021. Sakatonik Liver
  • KALBE Med. Diakses pada 2021. Osfit Platinum
  • Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Iron Deficiency Anemia During Pregnancy: Prevention Tips
  • Natures Plus. Diakses pada 2021. Iron 40 mg tablets
  • Sangobion. Diakses pada 2021. Product capsules
  • Sangobion. Diakses pada 2021. Product vita-tonik
  • Tonikum. Diakses pada 2021. Tonikum