9 Sumber Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi

9 Sumber Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi

Ada banyak fungsi dan manfaat zinc, dari menjaga sistem imun hingga baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, Anda butuh memenuhi kebutuhan mineral ini dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung zinc tinggi.

Senyawa ini tidak dapat diproduksi dan disimpan oleh tubuh, sehingga untuk memenuhi asupan zinc bagi tubuh, Anda harus rutin mendapatkannya dari makanan atau suplemen. Kira-kira apa saja ya sumber makanan yang mengandung zinc?  Berikut penjelasannya.

Sumber Makanan yang Mengandung Zinc

Jumlah zinc harian yang direkomendasikan adalah 8 miligram (mg) untuk wanita, dan 11 mg untuk pria. Memenuhi kebutuhan zinc dapat membuat tubuh Anda terhindar masalah kesehatan. Beberapa sumber makanan yang dapat Anda coba, seperti berikut ini.

1. Tiram

sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi

Tiram merupakan makanan yang mengandung zinc tertinggi. Dilansir dari Eat This, bahwa tiga ons tiram mengandung zinc 66,81 mg. Selain mengandung zinc, tiram juga rendah kalori, serta mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin B12 dan selenium.

Mengonsumsi tiram seminggu sekali merupakan salah satu cara terbaik untuk memastikan kebutuhan zinc dalam tubuh Anda terpenuhi.

2. Daging

sumber makanan zinc zink

Daging merupakan salah satu makanan dengan sumber zinc yang baik untuk Anda konsumsi. Tidak hanya mengandung zinc, beberapa jenis daging seperti daging sapi, domba, dan ayam, juga kaya  vitamin B.

Dengan mengonsumsi daging sekitar 4 ons saja sudah dapat memenuhi setengah kebutuhan zinc untuk tubuh Anda. 

Baca juga: Resep Sup Daging Sayuran

3. Kacang-kacangan

konsumsi kacang-kacangan untuk menambah berat badan

Berbagai jenis kacang-kacangan sering dijadikan cemilan yang enak dan sehat. Kacang-kacangan seperti, kacang pinus, kacang tanah, kacang mete, dan almond dapat meningkatkan asupan zinc Anda.

Sebagai contoh pada kacang mete. Satu ons kacang mete dapat memenuhi kebutuhan zinc Anda sebanyak 20 persen dari jumlah kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi sehat lainnya, termasuk lemak sehat, serat, serta  vitamin K, vitamin E, dan sejumlah vitamin lainnya

4. Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras, gandum, dan oat mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin B, magnesium, zat besi, fosfor, mangan, selenium, dan zinc. 

Mengonsumsi semangkuk oat di pagi hari dapat memenuhi 40 persen dari kebutuhan zinc harian anda. Selain itu, mengonsumsi biji-bijian utuh memiliki sejumlah manfaat lain seperti, penurunan risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

5. Yoghurt

Yoghurt tidak tidak hanya memiliki sumber protein dan kalsium yang baik, tetapi juga mengandung zinc dalam jumlah yang cukup.

Mengonsumsi satu porsi yoghurt mengandung 1,34 mg zinc. Anda bisa menjadikan yoghurt sebagai cemilan atau menambahkannya pada menu sarapan pagi Anda.

Baca juga: Resep Fruit Smoothie Yoghurt

6. Telur

Telur

Telur mengandung seng dalam jumlah sedang dan dapat membantu memenuhi asupan harian Anda.

Mengonsumsi satu telur dapat memenuhi lima persen dari kebutuhan harian zinc. Selain itu, telur juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya, seperti protein, lemak sehat, vitamin B, selenium, dan kolin.

7. Sayur-Sayuran

Mencegah diabetes

Umumnya, sayuran dan buah-buahan hanya memiliki sedikit kandungan zinc. Meskipun begitu, beberapa sayuran seperti kentang, kacang hijau, dan kangkung dapat memberi asupan zinc walau dalam jumlah kecil. 

Selain itu, mengonsumsi sayur dapat memberi Anda manfaat seperti, penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

8. Cokelat

Cokelat, khususnya dark chocolate mengandung sejumlah zinc, dan beberapa mineral lainnya seperti zat besi, dan magnesium. Dalam sebatang coklat, mengandung 3,3 mg zinc.

Meskipun coklat memiliki sejumlah manfaat, Anda harus tetap membatasi jumlah konsumsi cokelat. Sebab, selain kandungan mineral, cokelat juga tinggi gula dan lemak, yang membuatnya menjadi makanan yang padat kalori.

9. Susu

konsumsi susu untuk menambah berat badan

Susu telah dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan tulang, sebab mengandung kalsium dan vitamin D. selain nutrisi tersebut, susu juga mengandung zinc.

Secangkir susu mengandung 1,17 mg zinc. Untuk menikmatinya, Anda bisa menambahkan susu pada sereal, smoothie, atau meminumnya secara langsung.

Baca juga: Manfaat Susu Protein Bagi Kesehatan

Itulah sejumlah makanan yang dapat menjadi sumber zinc. Sangat baik untuk mencukupi kebutuhan zinc secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Selain dari makanan, Anda juga bisa mendapatkan asupan zinc dari suplemen. 

Anda bisa mendapatkan suplemen zinc dan beragam multivitamin lainnya di KALCare. KALCare menyediakan berbagai produk kesehatan maupun nutrisi yang dapat bantu kebutuhan gizi harian Anda dan keluarga.

 

Artikel dicek oleh: dr. Isman Sandira

Penulis: Nurul Ahmad | Editor: Nimas Mita

Sumber: