Sulit Tidur? Vitamin Ini Bisa Jadi Solusi

Sulit Tidur? Vitamin Ini Bisa Jadi Solusi

Sering SusahTidur? Vitamin Ini Bisa Jadi Solusi

Apakah Anda mengalami susah tidur? Cukup tidur adalah salah satu cara menjaga kesehatan yang paling  mudah di masa pandemi seperti saat ini. Berdasarkan artikel kesehatan P2PTM Kemenkes orang dewasa butuh tidur setidaknya selama 8 jam setiap harinya di malam hari. Tidur dianjurkan mulai dilakukan pada jam 10 malam agar tidak mengganggu proses regenerasi sel dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun bagaimana jadinya jika Anda susah tidur atau insomnia? Susah tidur bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena stress fisik, banyak pikiran, bisa juga karena faktor lain seperti kurang nutrisi tertentu.

Faktor stress memang sering menjadi pemicu utama dalam kejadian susah tidur ini. Akan semakin diperparah jika disebabkan juga oleh kurangnya nutrisi dalam tubuh. Apa saja nutrisi yang dapat membantu Anda untuk mengatasi sulit tidur? Simak penjelasannya berikut ini.

Vitamin D

Sumber makanan vitamin D

Mungkin banyak yang sudah mengenalnya sebagai vitamin untuk tulang. Vitamin D sendiri memang banyak berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun dalam sebuah penelitian di European Congress of Endocrinology, kekurangan vitamin D juga dapat berdampak pada kelelahan kronis. 

Selain itu, beberapa penelitian mengaitkan rendahnya kadar vitamin D dalam darah Anda dengan risiko gangguan tidur (sulit/susah tidur) yang lebih tinggi, kualitas tidur yang lebih buruk dan durasi tidur yang berkurang.

Vitamin D adalah vitamin yang larut lemak, selain berjemur selama 10 menit setiap hari untuk dapat pasokan vitamin ini, konsumsi alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu berlemak penuh, dan telur adalah sumber lemak bergizi yang membantu meningkatkan penyerapan vitamin D.

Vitamin A

Makanan Tinggi Vitamin A

Vitamin yang satu ini terkenal akan manfaatnya yang begitu kaya. Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengenalnya sebagai vitamin yang bagus untuk mata. Namun selain itu, vitamin A juga bisa membantu mengatasi insomnia dengan cara memperbaiki fungsi otak yang bertanggung jawab dalam mengatur sinyal tidur. 

Vitamin A Ini juga memainkan peran besar dalam memori, tidur dan mengatur fungsi otak lainnya. Vitamin A yang telah dibentuk sebelumnya ada dalam makanan hewani seperti hati, salmon, dan kuning telur, sementara karotenoid provitamin A ditemukan dalam makanan nabati, termasuk ubi jalar, kangkung, dan kubis. 

Vitamin B

Ada korelasi kuat antara sulit tidur dengan kurangnya vitamin B12 dalam tubuh. Selain itu vitamin ini juga berperan dalam pembentukan sel darah merah serat membantu menjaga daya tahan tubuh. 

Penelitian menyebutkan pemberian suplemen B12 dapat menggeser waktu tidur pasien DSPS (delayed sleep phase syndrome) dari jam 2 pagi menjadi 11 malam. Hampir 40% pasien menunjukkan perbaikan dalam 4 minggu yang cukup menggembirakan.

Selain itu vitamin B6 membantu menghasilkan serotonin dan melatonin, yang keduanya merupakan kunci untuk tidur nyenyak, dan untuk mengatur suasana hati. Pisang, wortel, bayam, dan kentang adalah sumber B6 yang bagus, dan B12 juga ditemukan dalam protein hewani seperti susu, telur, keju, dan ikan.

Rekomendasi Suplemen Tidur Terbaik

Kesulitan dalam tidur atau gangguan kesehatan banyak yang bermula dari kurangnya asupan nutrisi. Karena itu, perhatikan makanan Anda. Konsumsi makanan sehat seimbang. Saat tubuh kekurangan beberapa vitamin dan mengalami sulit/susah tidur, Anda bisa konsumsi suplemen Blackmores Multi B Performance.

Blackmores Multi B Performance

Blackmores Multi B Performance (30) merupakan Suplemen vitamin B kompleks dan berbagai mineral untuk melancarkan sistem syaraf yang telah disempurnakan dengan Herbal Alami yaitu Avena sativa dan Passion flower untuk memberikan efek relaksasi dan membantu mengatasi insomnia.

Kegunaan:

  1. Memperkuat fungsi sel saraf
  2. Membantu mengatasi insomnia dan memberi efek relaksasi
  3. Membantu tubuh mengolah makanan menjadi energi

Aturan pakai:

  1. Dewasa untuk memelihara kesehatan: 1 tablet/hari setelah makan pagi/siang
  2. Dewasa untuk terapi: 2×1 tablet setelah makan pagi dan siang

Teh atau ekstrak Passion Flower di beberapa penelitian dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada beberapa individu.

Jangan lewatkan berbagai informasi kesehatan terkini seputar pengelolaan stress, cara mengatasi sulit tidur, hingga nutrisi untuk menjaga kesehatan melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare

Dapatkan promo menarik khusus produk Blackmores melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward,.

Salam,

KALCare

 

Sumber:

Han, B., Zhu, F. X., Shi, C., Wu, H. L., & Gu, X. H. (2017). Association between Serum Vitamin D Levels and Sleep Disturbance in Hemodialysis Patients. Nutrients, 9(2), 139. https://doi.org/10.3390/nu9020139

Jung, Y. S., Chae, C. H., Kim, Y. O., Son, J. S., Kim, C. W., Park, H. O., Lee, J. H., Shin, Y. H., & Kwak, H. S. (2017). The relationship between serum vitamin D levels and sleep quality in fixed day indoor field workers in the electronics manufacturing industry in Korea. Annals of occupational and environmental medicine, 29, 25. https://doi.org/10.1186/s40557-017-0187-7

Bertisch, S. M., Sillau, S., de Boer, I. H., Szklo, M., & Redline, S. (2015). 25-Hydroxyvitamin D Concentration and Sleep Duration and Continuity: Multi-Ethnic Study of Atherosclerosis. Sleep, 38(8), 1305–1311. https://doi.org/10.5665/sleep.4914

Vitamins: A First Level Defense for Insomnia by Martin Reed Patient Advocate, https://www.healthcentral.com/slideshow/vitamins-first-level-defense-insomnia 

Vitamin A: Benefits, Deficiency, Toxicity and More by Jillian Kubala, MS, RD https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-a 

Can’t sleep? These vitamins could be to blame https://www.yourheights.com/blog/vitamins-to-help-sleep 

Takahashi, K., Okawa, M., Matsumoto, M., Mishima, K., Yamadera, H., Sasaki, M., Ishizuka, Y., Yamada, K., Higuchi, T., Okamoto, N., Furuta, H., Nakagawa, H., Ohta, T., Kuroda, K., Sugita, Y., Inoue, Y., Uchimura, N., Nagayama, H., Miike, T., & Kamei, K. (1999). Double-blind test on the efficacy of methylcobalamin on sleep-wake rhythm disorders. Psychiatry and clinical neurosciences, 53(2), 211–213. https://doi.org/10.1046/j.1440-1819.1999.00534.x