Suka Makan Mie Pedas? Awas Ini Bahayanya

Suka Makan Mie Pedas? Awas Ini Bahayanya

Mie instan merupakan salah satu makanan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya karena proses pembuatannya yang mudah, mie instan biasanya memiliki banyak varian rasa. Salah satunya varian rasa pedas.

 

Mengonsumsi mie dengan rasa pedas dapat memberikan sensasi tersendiri bagi seseorang. Tidak heran jika saat ini mie banyak dikreasikan dengan rasa pedas, termasuk oleh produsen mie instan. Rasa pedas dari mie sendiri pun dibuat variasi lainnya. Misalnya terdapat level kepedasan, atau rasa pedas yang berasal dari makanan khas Nusantara.

 

efek samping dibalik kenikmatan mie pedas

 

Tetapi sayangnya, kenikmatan tersebut hanya sekadar di mulut saja lho Fams. Sebab nyatanya mengonsumsi mie dengan rasa yang pedas dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan. Terutama bagi kesehatan organ lambung.

 

Efek samping mengonsumsi mie pedas

 

Menurut pakar kesehatan, mie instan dengan rasa yang pedas dapat menimbulkan iritasi dinding lambung. Hal ini dapat terjadi bukan hanya karena rasanya yang sangat pedas. Tetapi juga dalam mie instan terdapat zat-zat yang dapat mengiritasi dinding lambung manusia. Akhirnya Anda berisiko mengalami tukak lambung atau dispepsia.

 

Selain itu, situs Women’s Health Mag menyebutkan bahwa mie instan pedas merupakan jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering. Sebab mie instan pedas dapat menyebabkan sakit perut dan gangguan metabolisme. Sama seperti saat Anda mengonsumsi makanan pedas lainnya seperti sambal, yang dapat menyebabkan perut terasa panas dan perih. Bahkan ada juga beberapa orang yang merasakan sensasi perut mulas, diare, atau kenaikan asam lambung setelah mengonsumsi mie pedas. Berhubungan dengan gangguan metabolisme, mengonsumsi mie dengan rasa pedas dapat meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh meningkat secara signifikan.

 

Mengonsumsi mie instan dengan rasa pedas secara berlebihan dapat memberikan dampak lainnya. Yaitu produksi keringat yang berlebih yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis yang sering terjadi dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Lalu bumbu mie instan pedas pada sebagian orang dapat menyebabkan iritasi kulit jika terpapar langsung.

 

Sedangkan bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit lambung, sebaiknya hindari mengonsumsi mie instan dengan rasa pedas. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rasa pedas dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Pada lambung yang sudah dalam kondisi asam tinggi, mengonsumsi makanan dengan zat yang bisa mengiritasi lambung akan menambah kerusakan organ lambung. Maag merupakan kondisi dimana penderitanya memiliki kepekaan khusus terhadap bahan makanan yang masuk ke dalam lambung. Dengan mengonsumsi makanan pedas, lambung akan mudah terangsang dan pada akhirnya akan mengalami sakit.

 

Makanya tidak heran orang yang mengalami gangguan pada lambung harus lebih selektif terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bahkan penderita gangguan lambung disarankan untuk tidak menambahkan cabai, lada, atau bahan lainnya untuk menambahkan rasa pedas pada makanan. Apalagi jika bahan perasa pedas untuk makanan dibuat oleh perasa buatan pabrik.

 

Jika Anda tidak dapat menolak kenikmatan dari mengonsumsi mie pedas, Anda dapat mengatasi dengan mengonsumsi H2 Zativa. H2 Zativa merupakan obat tradisional yang terbuat dari ekstrak Habbatussauda atau yang lebih dikenal dengan jintan hitam. Terdapat juga bahan tambahan kunyit dan temulawak yang berfungsi untuk memelihara kesehatan fungsi saluran pencernaan. Anda bisa dapatkan H2 Zativa dengan mudah di sini. Selain itu jangan lupa untuk mengurangi konsumsi makanan pedas termasuk mie instan bagaimana pun nikmatnya. Ingat ya Fams, menjaga kesehatan lebih penting terutama di masa pandemi saat ini.

 

cegah gangguan lambung akibat mie pedas dengan H2 Zativa

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://doktersehat.com/dampak-makan-mie-instan-pedas/

https://www.infia.co/news/sejarah-mie-instan-yang-harus-diketahui-anak-kos_BddTsnN4