Sudah Sampai Mana Perkembangan Vaksin Covid-19?


Sudah Sampai Mana Perkembangan Vaksin Covid-19?

Sudah Sampai Mana Perkembangan Vaksin Covid-19?

Korban Covid-19 atau virus SARS-CoV-2 di dunia saat ini sudah mencapai angka 6 juta, dengan korban meninggal dunia sebanyak 375 ribu jiwa. Angka ini masih terus bertambah setiap harinya. Maka tidak heran jika banyak yang menanyakan bagaimana perkembangan vaksin covid-19.

 

Sebenarnya, berbagai perusahaan farmasi di berbagai Negara yang sudah mencoba untuk membuat obat serta vaksin covid-19. Bahkan beberapa sudah dilakukan uji coba kepada manusia. Berikut ini merupakan daftar vaksin yang hendak diuji coba pada manusia:

 

perkembangan vaksin covid-19

 

1. CanSino Vaksin

Vaksin yang satu ini dibuat oleh CanSino Biologics Inc, Tiongkok. CanSino merupakan vaksin yang potensial untuk mencegah covid-19 dan telah terdaftar oleh badan kesehatan dunia atau WHO. Perusahaan yang mengembangkan CanSino vaksin saat ini bekerja pada Adenovirus Tipe 5 Vector menggunakan platform Vector Non-Replicating Viral untuk mengembangkan vaksinnya.

 

2. Non-replicating Viral Vector Vaccine from Oxford University and AsreaZeneca

University of Oxford saat ini juga tengah mengembangkan vaksin covid-19. Dalam pembuatan vaksin, University of Oxford bekerjasama dengan AstraZeneca. Para ilmuwan menggunakan strain virus flu biasa atau adenovirus yang menyebabkan infeksi pada simpanse.

 

3. Vaksin Moderna

Selanjutkan perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat bernama Moderna Therapeutics juga mengembangkan vaksin covid-19. Perusahaan ini mengatakan telah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration yang merupakan badan pengawasan obat dan makanan di Amerika Serikat. Hingga saat ini perusahaan telah melakukan uji klinis fase 2 dari kandidat vaksin covid-19 yang dianggap potensial.

 

4. Inactivated Vaccine from Sinovac

Sinovac Biotech merupakan perusahaan lain yang berusaha untuk mengerjakan vaksin covid-19. Berbasis di Beijing, Sinovac Biotech sudah memulai uji coba fase 1. Bahkan percobaan dosis pertama vaksin untuk sukarelawan telah selesai.

 

5. RNA Vaccine from BioNTech and PFizer

Perusahaan obat lainnya dari Amerika Serikat, yaitu Pfizer juga melakukan uji coba membuat vaksin covid-19. Dengan menggandeng perusahaan Jerman BNTECH, keduanya telah bekerjasama pada 4 kandidat vaksin RNA. Kandidat vaksin mereka ‘BNT162’ menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA), dan perusahaan telah memulai uji klinis di Jerman.

 

6. Vaksin Novavax

Selanjutnya perusahaan kandidat pembuat vaksin covid-19 adalah Novavax Inc.i Perusahaan ini bahkan menerima dana sebesar 388 juta USD dari Coalition for Epidemic Preparedness Innovation untuk mengembangkan vaksin covid.

 

7. DNA Vaccine from Inovio

Inovio Pharmaceuticals adalah salah satu perusahaan kandidat pembuat vaksin berbasis DNA di laboratorium San Diego, Amerika Serikat. Perusahaan ini juga termasuk sebagai perusahaan bioteknik yang mendapat bantuan dana dari Coalition for Epidemic Preparedness Innovation. Diketahui dana sebesar 6,9 juta USD yang diberikan kepada Inovio Pharmaceuticals untuk mengembangkan vaksin covid-19.

 

8. Inactivated vaccine from Wuhan Institute of Biological Products dan Beijing Institute of Biological Products

Wuhan Institute of Biological Products dan Beijing Institute of Biological Products juga sama-sama mencoba mengembangkan vaksin coronavirus. Keduanya sudah siap melakukan uji coba vaksin covid-19.

 

Tingkat keberhasilan vaksin covid-19

 

Walaupun sudah banyak dikembangkan, ilmuwan Adam Hill dari Universitas Oxford mengatakan vaksin belum dapat mengatasi virus covid secara menyeluruh. Saat ini kemungkinan hanya 50% keberhasilan dari uji coba vaksin. Hal ini disebabkan oleh kasus perkembangan covid yang terjadi secara cepat.

 

Walaupun begitu, dunia memang harus tetap optimis akan usaha pembuatan vaksin covid. Sebab bersama-sama harus saling meyakini bahwa kita dapat mengatasi pandemi covid, terutama di Tanah Air. Anda pun juga bisa mendukung pengembangan vaksin covid dengan melaksanakan aturan pemerintah. Seperti menjaga jarak, tidak melakukan perjalanan ke daerah dengan status zona merah, serta menjaga daya tahan tubuh dengan Glisodin.

 

suplemen antioksidan Glisodin untuk menjaga daya tahan tubuh selama penyebaran covid-19

 

Glisodin merupakan suplemen antioksidan yang terbuat dariĀ  bahan alami ekstrak melon untuk mencegah radikal bebas. Sehingga Glisodin dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mendapatkan Glisodin dengan mudah di sini. Yuk beli suplemen & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh di KALCare. Karena KALCare menjual suplemen makanan & vitamin dewasa terbaik online untuk memudahkan Anda belanja dari rumah.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

 

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3640083/kabar-baik-9-vaksin-virus-corona-dalam-tahap-uji-coba-pada-manusia