Sudah Cek Kesehatan Kulit Anda?


Sudah Cek Kesehatan Kulit Anda?

Sudah Cek Kesehatan Kulit Anda?

Seberapa jauh Anda mengetahui tingkat kesehatan kulit Anda sendiri? Banyak orang yang belum begitu memahami karakteristik kulit mereka, sehingga seringkali salah melakukan perawatan atau memilih kosmetik. Untuk mengecek tingkat kesehatan kulit, terutama kulit wajah, ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini.

 

Cuci wajah dengan pembersih yang lembut secara perlahan, lalu bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk yang bersih. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan make up dari wajah dan membersihkan wajah dari minyak dan kotoran yang sudah menempel selama Anda beraktivitas seharian. Setelah wajah dikeringkan, tunggu selama kurang lebih sejam. Ini akan membuat kulit wajah kembali ke kondisi alami, sehingga akan menentukan karakteristik dari jenis kulit Anda. Tunggu sambil bersantai, dan hindari melakukan kontak sentuhan dengan kulit wajah.

 

Setelah kurang lebih satu jam, tekan-tekan perlahan wajah Anda dengan tisu, atau dengan kertas minyak khusus. Perhatikan minyak yang menempel, terutama di daerah T, yakni daerah dahi dan hidung.  Selanjutnya, tentukan jenis kulit Anda dengan mencocokkan hasilnya sebagai berikut:

 

1) Kulit normal akan cenderung terlihat mulus dan kenyal. Tidak terlihat ada minyak maupun pengelupasan kulit di wajah.

 

2) Kulit berminyak cenderung meninggalkan banyak bekas minyak pada tisu. Bila diperhatikan dengan seksama, permukaan kulit terlihat bersinar dengan pori-pori yang cenderung besar.

 

3) Kulit kering akan terasa kencang bahkan cenderung tegang. Kulit dapat terlihat sedikit mengelupas atau bersisik.

 

4) Kulit kombinasi, merupakan jenis kulit yang paling banyak ditemukan, memperlihatkan ketiga karakteristik di atas. Daerah T akan terlihat berminyak, serta cenderung normal atau kering di bagian lainnya.

 

Setelah mengetahui karakteristik kulit, kini Anda dapat memilih kosmetik atau produk perawatan kulit yang cocok diaplikasikan sehari-hari. Jangan lupa, bahwa pola diet, faktor lingkungan (stres, polusi) dan jenis perawatan kulit akan berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Apabila Anda masih memiliki masalah pada kulit, misalnya warna yang tak merata, munculnya bercak atau noda, jerawat atau munculnya sensasi aneh di wajah (gatal, terbakar), jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologis Anda, untuk mendapatkan saran yang cocok secara medis.

 

 

 

Salam,

KALBE Store