Stress Melunturkan Keindahan Kulit

Stress Melunturkan Keindahan Kulit

Pengaruh stress dan kondisi kejiwaan seseorang terhadap kesehatan dan keindahan kulitnya telah lama menjadi bahan penelitian. Mengapa keduanya bisa berkaitan, dan apa solusinya?

 

Psychodermatology. Psychodermatology adalah ilmu yang memperlajari hubungan antara emosi seseorang dan dampaknya terhadap kulit. Berbagai jenis gangguan dan penyakit kulit dipercaya memiliki hubungan dengan faktor psikologis, mulai dari yang sederhana seperti jerawat, eksim, hingga vitiligo (depigmentasi pada kulit), dan lain sebagainya.

 

Penyebabnya, banyak ujung saraf-saraf dalam tubuh manusia yang berhubungan dengan kulit secara langsung, menyebabkan stress kemudian terefleksikan melalui kondisi kulit. Jerawat adalah salah satu contohnya. Saat Anda merasa tegang, tubuh akan mengeluarkan hormon-hormon stress, yakni kortisol, yang kemudian akan meningkatkan produksi minyak pada permukaan kulit, sehingga kulit lebih mudah berjerawat.

 

Pada sebuah kasus lain, sebuah penelitian dilakukan pada 27 siswa pada tiga situasi yang berbeda: baru saja kembali dari liburan musim dingin (kadar stress rendah), selama ujian akhir (kadar stress tinggi), serta selama liburan musim semi (kadar stress rendah). Terbukti, hormon stress mengakibatkan lapisan terluar kulit menjadi pecah. Retakan-retakan kecil tersebut kemudian memungkinkan bakteri menyusup ke lapisan terdalam kulit, sehingga mengakibatkan penyakit kulit. Retakan tersebut membuat kadar air di kulit juga lebih cepat menguap, menjadikan kulit kehilangan kelembaban, kering, dan terlihat kusam.

 

Bagaimana mengelola stress? Ada banyak cara untuk mengelola stress secara positif. Di antaranya adalah, dengan meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda gemari, misalnya menonton film serial favorit, atau sekedar berendam setelah hari kerja yang panjang. Anda juga bisa mengambil libur sejenak dan traveling untuk menyegarkan suasana dan pikiran, atau mempelajari hal-hal baru, misalnya dengan mengambil kelas yoga, memasak atau fotografi. Bertemanlah dengan mereka yang memberikan efek positif, serta pastikan Anda beristirahat dengan cukup dan berkualitas, setidaknya 8 jam sehari, untuk menjauhkan Anda dari bahaya stress, dan membantu mempertahan keindahan kulit Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store