Stres Saat Hamil? Ini Bahayanya Bagi Ibu dan Janin

Stres Saat Hamil? Ini Bahayanya Bagi Ibu dan Janin

Stres mungkin sudah menjadi hal biasa, terlebih di zaman seperti sekarang. Namun beda halnya jika stres ini dialami oleh ibu hamil. Meski kondisinya sama, risikonya sangatlah berbeda, bahkan bisa berbahaya bagi ibu dan janin. Tak jarang, stres yang berkelanjutan bisa menyebabkan keguguran. Jadi selain menjaga asupan makanan dan mengonsumsi susu ibu hamil, Anda juga perlu menjaga kondisi mental. Karena jika sampai stres berkepanjangan, bahaya berikut bisa saja Anda alami.

 

Menurunnya Kekebalan Tubuh Bayi

Ibu yang mengalami stres saat hamil bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh bayi yang dikandungnya. Temuan ini diperkuat oleh penelitian Jurnal Brain. Bukan hanya stres saja yang bisa memicu kondisi ini. Rasa cemas berlebih, panik dan tegang juga memiliki efek yang sama buruknya bagi kesehatan bayi.

 

Mengganggu Pertumbuhan Otak Bayi

Berdasarkan penelitian oleh Journal Endocrinology Clinical, stres berlebih yang dialami oleh ibu hamil bisa mengganggu pertumbuhan otak bayi. Lebih dari itu, kondisi ini juga bisa mempengaruhi perilaku anak nanti. Jadi cobalah untuk lebih relaks saat hamil. Mengonsumsi susu ibu hamil juga bisa membantu perkembangan otak janin.

 

Meningkatkan Risiko Alergi Pada Anak

Tubuh sang ibu akan memproduksi hormon kortisol saat ia stres. Jika jumlah hormon yang diproduksi terlalu banyak, ini bisa masuk ke dalam janin dan meningkatkan risiko alergi pada si kecil. Ini juga telah dibuktikan melalui penelitian yang membandingkan antara bayi yang menyerap banyak hormon kortisol dengan bayi yang lebih sedikit menyerapnya.

 

Bayi Lahir Prematur

Waktu kelahiran bayi banyak dipengaruhi oleh hormon kortisol. Saat sang ibu mengalami stres berlebih, produksi hormon ini akan semakin banyak. Inilah yang kemudian mempercepat waktu kelahiran. Agar kebutuhan gizi ibu dan janin terpenuhi, jangan lupa juga untuk mengonsumsi susu ibu hamil.

 

 

Kontrol terhadap asupan makanan saja tidak cukup untuk memastikan kondisi kesehatan bayi nantinya. Kendali terhadap stres juga perlu diperhatikan. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sang ibu dan janin, ada baiknya Anda mengonsumsi susu ibu hamil seperti Susu Prenagen. Beragam nutrisi di dalamnya akan menyempurnakan makanan bergizi yang Anda konsumsi setiap hari.

 

 

 

Salam,

KALBE Store