Strawberry: Buah Super yang Jitu Turunkan Kolesterol


Strawberry: Buah Super yang Jitu Turunkan Kolesterol

Strawberry: Buah Super yang Jitu Turunkan Kolesterol

Beberapa studi menyatakan bahwa, buah strawberry mampu turunkan kolesterol dalam darah. Salah satunya adalah, studi yang dilakukan oleh Universita Politenica delle Marche (UNIVPM) di Italia, dan Universities of Salamaca, Granada and Seville di Spanyol mengenai manfaat buah strawberry. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan melalui Journal of Nutritional Chemistry, yang menjelaskan bahwa, partisipan yang mengonsumsi buah strawberry sebanyak 500 gr selama satu bulan lebih mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida sebanyak 8.78-20.8%. Di saat yang sama, kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh tidak berubah secara signifikan.

 

The American Heart Association telah melansir rekomendasi atas berbagai macam makanan kaya serat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dikatakan dalam rekomendasi tersebut, serat larut merupakan jenis serat yang paling efektif, karena dapat menghambat kolesterol agar tidak terserap oleh tubuh. Nah, jenis serat yang dapat larut ini bisa Anda peroleh salah satunya melalui buah strawberry. Buah super yang satu ini dapat menyediakan dua gram serat mudah larut di dalam setiap gelas takarnya.

 

Selain itu, antioksidan yang terdapat dalam buah strawberry juga dapat membantu turunkan kolestrol LDL sebagai bagian dari program diet rendah lemak dan diet kolesterol. Hal ini ditunjukkan melalui sebuah studi oleh David Jenkins, MD, PhD, yang hasilnya diterbitkan dalam sebuah jurnal ilmiah. Jenkins juga mengatakan bahwa, berdasarkan hasil yang ditunjukkan oleh responden penelitiannya, karena memiliki citarasa asam manis yang nikmat, buah strawberry dapat membangkitkan keinginan dari para responden penelitian untuk terus mengonsumsinya dalam waktu yang lebih lama, selama mengikuti program diet kolestrol. Sebuah studi lainya juga mengungkapkan, mengonsumsi buah strawberry dapat melindungi kita dari radiasi sinar ultraviolet, memperkuat sel-sel eritrosit atau sel darah merah, serta meningkatkan kapasitas antioksidan dalam darah.

 

Anda dapat memasukkan buah strawberry ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Selain membantu program diet Anda, juga membantu turunkan kolesterol, dan memberikan manfaat antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Jika Anda kurang menyukai rasa asamnya, maka cobalah mengolah buah strawberry menjadi jus atau bentuk olahan lainnya, seperti tart atau pie. Selamat menikmati!

 

 

 

Salam,

KALBE Store