Siapa yang Rentan Terhadap Virus Corona?

Siapa yang Rentan Terhadap Virus Corona?

Virus corona yang telah menyerang tahun 2020 kini semakin meresahkan warga dunia. Data terbaru dari New York Post menyatakan bahwa virus ini telah membuat lebih dari 80 ribu orang dirawat. Tidak hanya itu, virus ini juga sudah menyebabkan 2.765 orang meninggal dunia.

Berdasarkan pengamatan oleh para ahli selama ini, mereka masih sulit memberi kesimpulan. Terutama kesimpulan mengenai apakah virus ini menyerang orang tertentu atau tidak. Namun pengaruh virus corona terparah memang terlihat pada sebagian orang. Kira-kira siapa sajakah itu?

 

 

 

1.Orang lanjut usia, apalagi yang sudah terkena sakit kronis

 

Ternyata, orang lanjut usia sangat rentan terhadap virus yang sedang mewabah ini. Menurut New York Times, dari 17 orang yang pertama tercatat meninggal, 13 di antaranya adalah laki-laki berusia lanjut, yaitu di atas 48 tahun. Rumah sakit yang menangani virus corona di Tiongkok juga mencatat bahwa sebagian besar dari mereka telah memiliki riwayat penyakit kronis sebelumnya. Petugas medis di rumah sakit Tiongkok memperkirakan bahwa virus membuat kondisi orang lanjut usia dengan penyakit kronis semakin memburuk. Penyakit kronis di antaranya hipertensi, sirosis, diabetes, parkinson, dan penyakit pernapasan.

 

2. Wanita hamil

 

Dilansir dari A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention, sistem imun pada wanita hamil relatif lebih lemah daripada orang lainnya. Menurut Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan dr. Yassin Yanuar Mohammad, kondisi hamil memang mengalami perubahan. Perubahannya meliputi imunologis dan fisiologis, sehingga rentan terhadap infeksi virus saluran pernapasan, termasuk corona. Jadi, virus corona pun lebih mudah menyerang pada ibu hamil.

 

3. Orang dengan disfungsi hati dan ginjal

 

Selain ibu hamil, golongan orang yang paling rentan terserang virus corona adalah mereka yang mengalami disfungsi hati dan ginjal. Alasannya orang yang memiliki disfungsi hati dan ginjal memiliki imunitas yang rendah. Jadi sangat mudah terkena penyakit, termasuk virus corona.

 

4. Gender laki-laki, apalagi yang memiliki kebiasaan merokok

 

Dalam kasus akibat virus corona baru, pasien laki-laki ternyata lebih banyak. Ahli mikrobiologi dari LIPI, Sugiyono Saputra, mengatakan itu mungkin terjadi karena imunitas bawaan laki-laki. Kemungkinan karena reseptor virus tersebut lebih banyak di laki-laki. Kalau reseptornya nggak cocok, virus tidak akan menempel. Faktor-faktor eksternal lainnya seperti kebiasaan merokok, bisa jadi penyebabnya. Selain itu, faktor riwayat merokok di masa lalu, faktor lingkungan kerja, atau faktor kekebalan spesifik gender juga bisa menyebabkan virus ini mudah terjangkit.

Sebenarnya virus corona dapat menyerang siapa pun tanpa terkecuali. Baik mereka yang memiliki sistem imun lemah maupun normal. Tercatat bahwa hingga saat ini, usia pasien pun beragam, antara 15 hingga 88 tahun. Sementara itu, anak-anak di bawah umur 15 tahun ternyata termasuk golongan yang paling kecil kemungkinan terserang virus ini.

Karena itu, Anda harus tetap waspada, apalagi virus corona dikabarkan sudah ada di negara Indonesia. Pastikan tubuh tetap sehat dengan mengatur pola makan, berolahraga, dan istirahat dengan cukup. Jangan lupa pula untuk mengenakan masker kesehatan dengan benar jika keluar rumah. Tidak hanya menjaga kesehatan untuk diri Anda sendiri, tetapi juga menjaga kesehatan orang tua dan lansia di sekitar.

 

Disarankan juga untuk memberikan Entrasol Gold untuk Anda dan Entrasol Senior bagi orang tua dan lansia di atas 50 tahun. Alasannya susu Entrasol Gold & Entrasol Senior merupakan susu tinggi protein dengan kandungan Procare Formula. Nutrisinya juga bisa dijadikan pengganti makan utama bisa membantu Anda

dan lansia agar selalu sehat dan tetap aktif. Apalagi Entrasol memiliki kandungan hytolive atau ekstrak zaitun yyang merupakan antioksidan alami. Antioksidan inilah yang dapat mencegah masuknya virus ke dalam tubuh Anda dan lansia, termasuk corona.

 

 

 

Yuk sayangi orang tua dan lansia di sekitar Anda. Karena sudah sepantasnya, Anda mendampingi mereka dengan kasih sayang. Anda bisa mendapatkan Susu Tinggi Kalsium, Nutrisi Tulang & Sendi Entrasol Gold & Senior dengan mudah di sini. Dapatkan juga promo susu tinggi kalsium, suplemen tulang & sendi online di KALCare Store. Karena KALBE Store menjual susu tinggi kalsium, suplemen tulang dan sendi berkualitas terbaik online.

Salam,

KALCare

 

 

 

 

 

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/health/medical/izza-namira-1/golongan-orang-yang-paling-rentan-terserang-virus-corona

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51411440