Siapa Bilang Jus Sayur Tidak Enak?


Siapa Bilang Jus Sayur Tidak Enak?

Siapa Bilang Jus Sayur Tidak Enak?

Jus sayur terkadang tidak menimbulkan selera, karena beberapa sayur cenderung terasa pahit. Padahal, jika diolah dengan benar, jus sayur dapat terasa lebih lezat, lho. Lalu, seperti apa cara membuat jus sayur yang bisa membuat ketagihan?

 

Tanpa diragukan lagi, jus sayur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun, beberapa sayur seringkali dihindari oleh sebagian besar orang, karena memiliki rasa yang kurang enak saat diolah. Misalnya brokoli, yang mengandung dimethyl sulfide, sehingga membuatnya memiliki bau sulfur yang khas, serta rasa sedikit pahit. Padahal, jika Anda mengetahui rahasia dalam mengolah jus sayur, maka jus sayuran pun akan terasa lebih enak dan yummy di lidah. Berikut panduannya, ya.

 

Kombinasi klasik dengan buah. Agar jus sayur terasa lebih nikmat, cobalah untuk mencampurkan sayur dengan buah segar untuk dijus bersama-sama. Salah satu kombinasi klasik yang disenangi oleh penikmat jus yakni perpaduan antara wortel dan apel, karena kandungan apel selain menyegarkan, juga memberikan rasa manis pada jus. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tomat pada jus wortel dan apel tadi. The more the merrier! Mulailah mengeksplor berbagai macam resep jus, dan bereksperimen dengan berbagai jenis sayur dan buah, untuk menemukan rasa yang Anda sukai. Beberapa mixed juice lain yang dapat Anda coba, misalnya: bayam dengan pisang, pare dengan labu, dan masih banyak lagi.

 

Tambahkan elemen ‘penyedap rasa’. Jus sayuran biasanya terdiri dari satu atau dua jenis sayur sebagai bahan utama, ditambah dengan sayur atau buah lain (mentimun, seledri, apel, dan sebagainya) sebagai bahan pelengkap. Nah, untuk sentuhan terakhir, berikan sedikit tambahan bahan berikut ini agar jus sayur Anda terasa lebih ‘menggigit’. Jangan lupa, beberapa bahan berikut terkadang memiliki rasa dan bau yang tajam dan kuat. Jadi, gunakan seperlunya sesuai selera Anda, ya.

 

  • Jahe. Umbi ini adalah bahan tambahan favorit, karena dapat memberikan rasa yang ‘menendang’ pada jus. Batasi penggunaan kurang lebih sebanyak 1 inci, ya.

 

  • Lemon atau jeruk nipis. Air perasan lemon atau jeruk nipis dapat memberikan rasa segar pada jus sayur yang terasa pahit. Jika malas untuk memeras, Anda juga bisa menggunakan zest atau parutan kulit lemon, lho.

 

Selain dua bahan favorit di atas, Anda bisa menambahkan ‘bahan penyedap’ lain sesuai selera, misalnya: buah cranberries, kurma, madu, daun ketumbar, bawang putih, daun mint, daun basil, cayenne powder, cinnamon powder, chia seeds, dan masih banyak lagi. Nah, selamat bereksperimen dengan jus sayur Anda!

 

 

 

Salam,

KALBE Store