Seriawan Berkepanjangan? Mungkin Ini Penyebabnya!


Seriawan Berkepanjangan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Seriawan Berkepanjangan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Hampir semua orang pernah mengalami seriawan atau peradangan yang terjadi pada mukosa mulut. Kondisi ini umumnya tidak terjadi dalam jangka waktu lama, dan bisa hilang dengan sendirinya atau menggunakan Aloclair Plus. Tetapi pada beberapa orang, seriawan dapat terjadi secara berkepanjangan sehingga memberikan rasa tidak nyaman.

 

Penyebab seriawan berkepanjangan

 

Penyebab terjadinya seriawan yaitu adanya jamur candida albicans. Jamur ini memang berada di dalam mulut dalam jumlah yang kecil dan pertumbuhan yang tidak terkendali. Tetapi seriawan juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya seperti cedera, infeksi, atau alergi.

 

Ada beberapa faktor risiko penyebab seriawan. Misalnya seperti tidak menjaga kebersihan mulut, penggunaan alat bantu seperti gigi palsu atau behel, kekurangan vitamin B dan zat besi, sedang mengonsumsi antibiotik, sistem kekebalan tubuh menurun, atau menggunakan obat-obatan yang menurunkan produksi air liur.

 

ketahui penyebab sariawan berkepanjangan

 

seriawan yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama atau berulang dapat disebut sebagai recurrent aphthous stomatitis atau RAS. ada beberapa faktor yang diyakini dapat menyebabkan seriawan berkepanjangan. Berikut merupakan faktor yang menyebabkan seseorang dapat mengalami seriawan berkepanjangan:

1. Trauma fisik

Trauma fisik dapat menyebabkan seriawan tidak kunjung sembuh. Trauma ini dapat terjadi akibat tergigit atau penggunaan sikat gigi. seriawan berkepanjangan juga dapat terjadi pada pengguna kawat gigi atau gigi palsu.

 

2. Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi pada manusia dapat menyebabkan seriawan berkepanjangan. Sebab hormon tidak hanya memengaruhi suplai darah di jaringan gusi, tetapi juga respon tubuh terhadap racun yang muncul akibat penumpukan plak. Itulah yang membuat seriawan berkepanjangan dapat terjadi pada masa pubertas, menstruasi, kehamilan, hingga masa menopause.

 

3. Defiensi zat gizi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, orang yang kekurangan vitamin B berisiko mengalami seriawan berkepanjangan. Begitu juga dengan orang yang kekurangan zat besi. Tidak hanya itu, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan seriawan terjadi secara terus-menerus.

 

4. Faktor genetik

Penyebab seriawan berkepanjangan selanjutnya adalah faktor genetik. Sehingga anak yang orang tuanya sering mengalami seriawan akan mengalami hal yang sama. Begitu juga seriawan dapat terjadi pada saudara kembar.

 

5. Efek samping obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan seriawan. Beberapa di antaranya adalah obat antibiotik, antidepresan, obat diare, bronkodilator, dan diuretik. Sehingga selama mengonsumsi obat-obatan tersebut, Anda mendapat efek samping seriawan berkepanjangan.

 

6. Kebiasaan saat sedang stres

Pada saat sedang stres, setiap orang akan memberikan respon tertentu akibat merasa gelisah. Salah satunya adalah kebiasaan menggigit pipi atau bibir yang dapat menimbulkan luka penyebab seriawan. Untuk itu perlu dilakukan pengendalian diri saat stres agar tidak menyebabkan seriawan berkepanjangan.

 

7. Kelainan sistem kekebalan tubuh

seriawan berkepanjangan dapat terjadi akibat adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh atau autoimun. Akibatnya kekebalan tidak mampu mengenal patogen berbahaya di dalam tubuh dan malah menyerang tubuh itu sendiri. Kondisi kelainan sistem kekebalan tubuh berupa seriawan ini masih tergolong ringan.

8. Tanda penyakit tertentu

seriawan yang terjadi secara berulang juga dapat menjadi tanda penyakit tertentu. Bahkan seriawan bisa menjadi tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh. Misalnya penyakit celiac, radang usus, atau infeksi HIV.

 

Cara mengatasi seriawan berkepanjangan

 

Untuk penanganan seriawan, Anda bisa menggunakan Aloclair Plus. Aloclair Plus tersedia dalam bentuk spray, gel, dan mouthwash. Aloclair Plus mengandung aloe vera sehingga tidak menyebabkan perih. Anda bisa mendapatkan Aloclair dengan mudah di sini. Jika setelah pengobatan seriawan tidak kunjung sembuh, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini baik untuk mengetahui penyebab munculnya seriawan secara rinci apalagi jika terjadi karena adanya penyakit tertentu.

 

obati sariawan dengan Aloclair Plus

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3611682/sering-seriawan-haruskah-khawatir